Plat E Daerah Mana? Info Kode Kendaraan Wilayah Cirebon

3 min read

Plat E Daerah Mana

Plat E Daerah Mana – Kita sebagai mahluk hidup yang berpindah – pindah tempat untuk melakukan aktivitas pastinya sudah tidak asing lagi dengan sebuah potongan logam yang terdapat pada bagian depan dan bagian belakang kendaraan.

Nah,Pada potongan logam ini terdapat sederet angka dan huruf yang merupakan kode seri dari setiap kendaraan bermotor, potongan logam ini biasa kita kenal dengan Plat Nomor Kendaraan bermotor atau Nomor Polisi.

Plat nomor ini sangat spesifik, Setiap kendaraan bermotor memiliki plat nomor yang berbeda – beda. Tiap kode yang terdapat pada plat nomor kendaraan bermotor mengandung informasi tertentu seperti masa berlaku pajak, asal wilayah dan nomor registrasi.

Ketika berlalu lintas, mungkin kalian pernah melihat berbagai macam kode huruf pada plat nomor kendaraan bermotor baik itu kendaraan beroda dua atau lebih dengan kode huruf yang tampak asing untuk kendaraan di wilayah kalian.

Seperti halnya suatu kendaraan bermotor dengan plat nomor yang berawalan huruf E, maka akan ada keinginan bagi kalian untuk mengetahui plat E daerah mana saja ?

Nah jokowinomics.id yang akan menjawab pertanyaan tersebut, di artikel kali ini, yang akan membahas tentang “Plat E Daerah Mana ?” , berikut mengenai kode kendaraan plat E ! simak informasinya hingga selesai.

Baca Juga : Plat BK Daerah

Kode Kendaraan Bermotor Plat E Daerah Mana ?

“Plat E Daerah mana ?” tidak jarang dari kalian bertanya – tanya mengenai hal tersebut, karena kode kendaraan plat E masih terlihat asing untuk kendaraan bermotor di wilayah kalian.

Ternyata kode kendaraan plat E merupakan kode kendaraan bermotor yang tercatat di kepolisian wilayah Cirebon yang meliputi :

  • Indramayu
  • Cirebon
  • Kuningan
  • Majalengka.

Namun masih banyak dari kita yang bingung mengenai kode kendaraan bermotor plat E daerah mana dan bagaimana cara membedakan masing – masing daerah yang sama – sama memiliki kode kendaraan berawalah huruf E tersebut.

Agar lebih paham mengenai wilayah mana saja yang berkode nomor kendaraan plat E , maka simaklah ulasan mengenai daftar wilayah dan kode kendaraan berplat E yang akan dijabarkan berikut.

Wilayah Dengan Kode Kendaraan Bermotor Plat E dan Kode Belakangnya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, setiap kode kendaraan pada plat nomor kendaraan bermotor memiliki perbedaan dan terdiri dari kombinasi huruf dan angka yang mengandung suatu informasi tertentu.

Berikut ini merupakan Tabel daftar Pembagian wilayah dengan kode kendaraan bermotor plat E serta kode belakangnya :

Asal WilayahKode Belakang Contoh
Indramayu P/Q/R/S/TE 2341 RA
Kota CirebonA/B/C/D/E/F/GE 2341 BA
Kabupaten Cirebon H/I/J/K/L/M/N/O E 2341 HA
Kabupaten MajalengkaU/V/W/XE 2341 VA
Kabupaten KuninganY/ZE 2341 ZA

Kombinasi Kode Kendaraan Plat Nomor E untuk Wilayah Lain

Selain pada wilayah Cirebon yang sudah di jelaskan tadi, kode plat nomor kendaraan yang berawalan huruf E pun huruf lain , berikut merupakan wilayah yang menggunakan kombinasi huruf E :

  • EA digunakan pada kode plat nomor di Nusa Tenggara Barat
  • ED digunakan pada kode plat nomor di samsat pulau Sumba
  • EB digunakan pada kode plat nomor kendaraan asal daerah Flores
  • BE digunakan pada kode plat nomor kendaraan asal daerah Lampung
  • AE digunakan pada kode kendaraan asal daerah keresidenan madiun seperti daerah madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo dan Pacitan.
  • DE digunakan pada plat nomor kendaraan daerah maluku.

Kombinasi Angka Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Tidak hanya itu, selain kode huruf pada awal tanda nomor kendaraan bermotor yang menunjukan makna domisili wilayah kendaraan tersebut melakukan registrasi. angka pada plat nomor inipun memiliki makna tertentu.

Kombinasi angka pada plat nomor kendaraan ini bermacam – macam, bisa terdiri dari satu hingga empat angka. Berikut ini rinciaannya :

  • Angka 1-2999 berarti kendaraan bermotor tersebut berjenis kendaraan Penganggkut penumpang milik pribadi.
  • Angka 3000-6999 berarti kendaraan tersebut merupakan jenis kendaraan sepeda motor.
  • Angka 7000-7999 digunakan untuk Bus
  • Angka 8000-8999 berarti kendaraan bermotor tersebut berjenis kendaraan pengangkut penumpang dan barang.
  • Angka 9000 – 9999 digunakan untuk truck atau mobil pick up

Jenis Kendaraan Berdasarkan Warna Plat

Perlu kalian ketahui pula, selain dari kombinasi huruf dan angka yang telah di jelaskan terdapat pula kombinasi warna baik itu pada tulisan ataupun warna dasar plat nomor kendaraan.

Kombinasi warna ini , disesuaikan berdasarkan peraturan per Undang – Undangan yang berlaku di Indonesia untuk setiap jenis kendaraan bermotor, berikut ini merupakan penjelasannya :

Warna Dasar Plat Warna Tulisan Plat Jenis Kendaraan Bermotor
KuningHitam Angkutan umum baik angkutan orang atau barang
Hitam Putih Kendaraan pribadi atau kendaraan sewa
PutihBiru Kendaraan korps diplomatik dari negara asing
Merah Putih Kendaraan dinas pemerintah baik BUMN atau Pemerintah Daerah

Setelah mengetahui keempat warna dasar tesebut, kalian juga harus tau jikalau terdapat tambahan Lis biru pada sisi pinggir plat berarti kendaraan itu merupakan kendaraan bertenaga yang menggunakan baterai atau motor listrik.

Cek Plat Nomor Kendaraan Cirebon Lewat Smartphone

Karena Indonesia merupakan suatu negara kepulauan yang terdiri dari beribu kota dan kabupaten, maka sangat sulit untuk kalian jika ingin menghafal semua kode kendaraan bermotor yang ada.

Maka tidak perlu khawatir karena terdapat suatu aplikasi canggih yang bisa mempermudah kalian untuk mengetahui informasi terkait asal wilayah, masa berlaku pajak, tahun kendaraan dan lain sebagainya.

Kalian dapat mencari tahu informasi dari suatu kendaraan bermotor hanya dengan melalui Smartphone yang kalian miliki secara online lewat aplikasi Cek Pajak yang dapat kalian unduh di Google Play store.

Bagi kalian yang berdomisili di wilayah Cirebon dan sekitarnya, atau memiliki kendaraan bermotor dengan kode huruf E , maka kalian dapat mengetahui informasi kendaraan tersebut dengan mudah. berikut ini tata caranya:

  • Unduh aplikasi tersebut pada smartphone kalian
  • Setelah berhasil, bukalah aplikasi tersebut
  • Pilih Provinsi Jawa Barat
  • Isilah kode plat nomor kendaraan bermotor yang kalian miliki
  • Masukan Kode chapca
  • Klik Cari

Dan akan tampil informasi lengkap suatu kendaraan bermotor termaksud pemilik, besar pajak, masa berlaku Surat Tanda Kendaraan bermotor dan lain sebagainya.

Baca Juga : Plat BH Daerah Mana

Akhir Kata

Demikaianlah informasi seputar Plat E Daerah Mana, semoga kalian semua dapat memahami dengan baik dan bermanfaat dalam menambah wawasan berkendara.

Tetap patuhi aturan lalu lintas yang berlaku demi keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan. Terimakasih telah mengunjungi jokowinomics.id. Nantikan informasi yang tak kalah menarik pada artikel yang akan kami beritakan lainnya !

Rate this post