Plat BH Daerah Mana

3 min read

Plat BH Daerah Mana

Plat BH Daerah Mana – Tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau yang biasa disebut dengan nomor polisi berupa potongan logam yang merupakan identitas yang dimiliki oleh suatu kendaraan bermotor.

Plat ini terdapat pada bagian depan dan belakang di setiap kendaraan bermotor, baik itu kendaraan beroda dua ataupun lebih, plat ini dijadikan alat identifikasi resmi keamanan suatu kendaraan yang di miliki.

Pada dasarnya setiap kendaraan bermotor wajib memasang plat nomor. Bagi yang tidak memasang plat nomor kendaraan atau memasang plat nomor palsu maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan Undang – undang yang berlaku.

Pada plat nomor kendaraan terdapat perpaduan dari susunan angka dan huruf yang dikhususkan untuk setiap kendaraan bermotor, maka setiap kendaraan bermotor memiliki plat nomor yang berbeda satu sama lain.

Karena bentuknya yang sepesifik tersebut, maka plat tanda nomor kendaraan berfungsi sebagai media identifikasi suatu kendaraan bermotor oleh berbagai lembaga, seperti lembaga kepolisian, bengkel, asuransi dan lain sebagainya.

Dan Plat nomor ini dijadikan pula sebagai bukti resmi bahwa suatu kendaraan telah memperoleh izin beroperasi di jalan raya umum karena telah terbukti kendaraan telah taat pada peraturan membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Selain itu, pada plat nomor kendaraan bermotor tercantum pula informasi mengenai asal wilayah, masa berlaku pajak, nomor registrasi, untuk informasi lebih lengkap akan tercantum pada Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).

Di Indonesia, susunan angka dan huruf tersebut dikenal dengan “Nomor Polisi”. Pemasangan tanda nomor polisi pada kendaraan bermotor tidak boleh sembarangan, karena harus memenuhi syarat ukuran, bentuk, warna, bahan, dan letak pemasangannya.

Ketika kalian berlalu lintas dijalan kerapkali kalian jumpai plat kendaraan bermotor dengan huruf depan BH, mungkin akan timbul suatu pertanyaan dalam benak kalian “Plat BH daerah mana ?”

Maka dari itu dalam artikel kali ini saya akan memberikan informasi untuk menjawab pertanyaan kalian seputar ” Plat BH daerah mana ?”, sebelum menjawab pertanyaan mengenai plat BH daerah mana,

Ada baiknya jika kitam mengetahui sekilas informasi mengenai plat tanda kendaraan bermotor. marilah kita simak ulasan pada artikel ini hingga akhir.

Sejarah Ditetapkannya Plat Nomor di Indonesia

Sejarah penetapan plat nomor di Indonesia bermula ketika Pertama kali pasukan Inggris merebut Batavia dari pasukan Belanda pada tahun 1811, dimana saat itu Inggris mengirim sekitar 15.600 tentara yang terdiri atas 26 batalion dengan 150 Kapal perang.

Setiap batalion diberi kode dengan huruf A – Z. setelah menaklukan Batavia, Inggris menerapkan peraturan berkendara yaitu menempel plakat bertanda huruf “B” dan 5 digit angka dan diakhiri huruf “A/C” di setiap kereta kuda.

Huruf “B” pada awal plakat mengartikan bahwa pasukan dari Batalion A yang berhasil menaklukan Batavia, begitu pula untuk wilayah lain, hal serupa pun di berlakukan, seperti Surabaya menggunakan huruf L karena di taklukan Batalion L.

Pada akhir plakat berarti Annex (tambahan), huruf “C” berarti Cargo untuk kereta kuda khusus pengangkut barang. Aturan ini tetap berlanjut pada tahun 1816 meskipun wilayah Hindia Belanda telah kembali ketangan Belanda lagi

Bahkan aturan tersebut diterapkan ke berbagai wilayah yang ada di pulau lain. begitulah mengapa ditetapkan plat nomor kendaraan di Indonesia hingga saat ini.

Macam – Macam Plat Nomor Kendaraan di Indonesia

Di Indonesia plat nomor kendaraan di bedakan berdasarkan warna tulisan dan warna dasar platnya, setiap warna memiliki makna tersendiri seperti berikut : Plat nomor kendaraan di Indonesia dibedakan berdasarkan warna plat dan juga warna tulisannya.

  • Plat dengan warna hitam dan warna tulisan putih, berarti kendaraan pribadi
  • Plat dengan warna kuning dan warna tulisan hitam, berarti kendaraan umum.
  • Plat dengan warna merah dan warna tulisan putih, berarti kendaraan pemerintahan.
  • Plat dengan warna putih dan warna tulisan biru, berarti kendaraan Korps Diplimatik dari Negara Asing.
  • Plat dengan warna putih dan warna tulisan hitam, berarti kendaraan milik negara asing yang berada di Indonesia.
  • Plat dengan warna putih dan warna tulisan merah, berarti kendaraan tersebut belum memperoleh Surat Tanda kendaraan bermotor.
  • Plat dengan warna hitam dan tulisan warna putih terdiri dari 5 angka dan kode angka negara yang dicetak berarti kendaraan Korps diplomatik negara asing.
  • Plat dengan warna dasar hijau dan tulisan hitam, berarti kendaraan di yang beroperasi di zona perdagangan bebas, yang mendapatkan fasilitas bebas beda masuk.
  • plat dengan warna Dasar hijau dan tulisan hitam. berarti kendaraan di zona perdagangan bebas, yang telah memperoleh fasilitas bebas bea masuk.

Plat BH Daerah Mana ?

Plat BH Daerah Mana
Plat BH Daerah Mana

Setelah mengetahui ulasan sebelumnya, nah pasti kalian sudah lebih paham mengenai fungsi dari adanya plat nomor kendaraan bermotor di Indonesia.

Ketika sedang berkendara, terkadang kalian menemukan plat nomor kendaraan yang terlihat asing, contohnya seperti plat nomor kendaraan yang memiliki kode huruf awalan BH

Mengingat Indonesia merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari banyaknya kabupaten dan kota, maka akan sangat sulit untuk menghafal setiap kode plat nomor di Indonesia. lantas plat BH daerah mana?

Ternyata Kode plat BH merupakan kode plat kendaraan yang dipakai di Provinsi Jambi dan beberapa Kabupaten lain yang terdapat di Provinsi Jambi, yaitu :

  • Kabupaten Muaro Jambi
  • Kabupaten Bungo
  • Kota Sungai Penuh
  • Kabupaten Sarolangun
  • Kabupaten Tanjung Jabung Timur Kabupaten Batanghari
  • Kabupaten Tebo
  • Kabupaten Kerinci
  • Kabupaten Tanjung Jabung Barat
  • Kabupaten Merangin.

Daftar Kode Plat Kendaraan “BH”

Berikut adalah daftar wilayah Kabupaten dan kota yang terdapat di Provinsi Jambi beserta kode plat nomor belakangnya:

Nama Kota / KabupatenKode Plat Nomor Belakang
Kota JambiA/M/ L / N / Q / Y
Kabupaten Kerinci D
Kota Sungai PenuhR
Kabupaten Batanghari B
Kabupaten Bungo K / U
Kabupaten Sarolangun S
Kabupaten Jabung TimurT
Kabupaten Jabung BaratE
Kabupaten TeboC / W
Kabupaten MeranginF / P

Sesuai dengan peraturan pemerintah di Indonesia Kode plat ini wajib dipasang pada bagian depan dan belakang kendaraan bermotor saat berlalu lintas di jalan raya.

Baca Juga : Plat BK Daerah Mana

Akhir Kata

Pastikan kalian selalu taat terhadap peraturan berlalu lintas demi kenyamanan dan keselamatan bersama. Demikian artikel ini dibuat semoga dapat menjawab pertanyaan kalian mengenai “Plat BH daerah mana ?”

Semoga informasi yang di berikan bermanfaat dalam menambah wawasan berkendara. Terimakasih telah berkunjung pada jokowinomics.id , nantikan informasi terbaru yang akan kami beritakan.

Rate this post

0831 Kartu Apa

Sulastri
2 min read

Plat AE Daerah Mana

Rofi Putri Rizki
3 min read

Plat G Daerah Mana

Rofi Putri Rizki
3 min read