Plat BK Daerah Mana

3 min read

Plat BK Daerah Mana

Plat BK Daerah Mana – Plat nomor merupakan identitas wajib yang dimiliki oleh setiap jenis kendaraan bermotor, karena plat nomor merupakan tanda resmi yang menyatakan bahwa suatu kendaraan telah terdaftar di kepolisian.

Plat nomor ini berupa potongan logam yang di pasang pada bagian depan dan belakang kendaraan bermotor. Pada plat nomor terdapat huruf dan angka khusus untuk setiap kendaraan yang dimiliki dan menunjukan kode asal wilayah dari suatu kendaraan.

Terdapat empat angka kecil yang tercantum pada plat nomor, angka tersebut menunjukan bulan registrasi dan tahun masa berlaku plat nomor kendaraan tersebut. Masa Berlaku setiap kendaraan yang terdaftar di kepolisian yaitu selama lima tahun.

Ketika masa berlaku habis, maka pemilik kendaraan harus melakukan registrasi ulang kendaraan bermotor tersebut. Apabila tidak melakukan registrasi, maka terdapat sanksi sesuai dengan undang- undang yang berlaku.

Karena kespesifikan dari plat nomor maka plat nomor berfungsi sebagai identifikasi kendaraan oleh berbagai lembaga, seperti penyedia asuransi mobil, armada kendaraan bermotor, kepolisian dan lain sebagainya.

Plat nomor ini pula merupakan bukti bahwa suatu kendaraan telah telah membayar pajak kendaraan bermotor sehingga sudah memiliki izin untuk beroperasi di jalan umum.

Setiap kendaraan memiliki plat nomor yang berbeda yang menujukan kode suatu daerah. Lantas tahukah kalian plat BK daerah mana? ,nah untuk itu mari kita simak ulasan pada artikel ini hingga akhir.

Jenis Plat Nomor Untuk Kendaraan Bermotor

Berdasarkan jenis kendaraan, warna tulisan dan warna pada plat nomor dibedakan menjadi tiga macam yaitu :

  1. Tulisan berwarna hitam dan warna plat kuning untuk kendaraan umum
  2. Tulisan berwarna putih dan warna plat merah untuk kendaraan pemerintah
  3. Tulisan berwarna putih dan warna plat hitam untuk kendaraan pribadi dan sewa
  4. Tulisan berwarna biru dan warna plat putih untuk kendaraan Korps Diplomatik Negara Asing.
  5. Tulisan Hitam dengan warna plat hijau untuk kendaraan di kawasan perdagangan bebas yang memperoleh pembebasan bea masuk berdasarkan aturan kemenkeu.

Selain perbedaan warna pada plat nomor, terdapat pula kode plat nomor yang menjadi ciri khas utama setiap kendaraan bermotor yaitu sebagai berikut:

1. Huruf Awal

Huruf yang terletak di awal pada plat nomor melambangkan kode asal wilayah/kota pendaftaran kendaraan bermotor. Dan seperti yang telah di jelaskan sebelumnya bahwa setiap wilayah memiliki huruf yang berbeda antara satu dan yang lainnya.

2. Angka Yang Terletak di Tengah

Angka yang di maksud merupakan nomor polisi yang di peroleh sesuai urutan dari pendaftaran kendaaran bermotor. nomor terdiri dari satu hingga empat angka. Pada wilayah DKI Jakarta, memiliki rincian sebagai berikut :

  • Angka 1-2999 untuk kendaraan penumpang
  • Angka 3000-6999 untuk kendaraan sepeda motor.
  • Angka 7000-7999 untuk kendaraan bus.
  • Angka 8000-8999 untuk kendaraan barang atau penumpang.
  • Angka 9000-9999 untuk kendaraan truk atau pengangkut beban.

3. Huruf Pertama Setelah Nomor polisi

Huruf ini menunjukan daerah pendaftaraan dari kendaraan bermotor tersebut. Terdapat bermacam kode huruf pertama setelah angka, berikut merupakan contoh daftar huruf yang perlu kalian ketahui agar mempermudah pemahaman kalian dalam pemahaman membaca plat nomor kendaraan:

Kode HurufAsal Daerah
BJakarta Barat
CKota Tengerang
EDepok
FKabupaten Bekasi
GKabupaten Tengerang SAMSAT Tigakarsa
Kkota bekasi
N Kabupaten Tengerang SAMSAT BSD
PJakarta Pusat
SJakarta Selatan
TJakarta Timur
UJakarta Utara
VKota Tangerang SAMSAT Ciledug
WKota Tangerang Selatan
ZKota Depok

4. Huruf Kedua Setelah Nomor Polisi

Berikut merupakan contoh dari daftar kode huruf kedua setelah nomor polisi untuk mempermudah pemahaman kita dalam membaca plat nomor polisi:

Kode HurufJenis kendaran
APick Up / Sedan
DTruk
FMinibus, City Car
JJip dan SUV
QStaf Pemerintahan
TTaksi
UStaf Pemerintahan
VMinibus

Untuk lebih jelas dalam pembacaannya maka kita akan berlatih membaca plat nomor kendaaraan, misalnya terdapat kendaraan dengan plat nomor : B 1899 SAT. B melambangkan kendaraan yang terdaftar di DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi.

  • Yang berarti angka 1899 berarti sebagai kendaraan penumpang, dan huruf di akhir merupakan daerah asal kendaraan.
  • Dimana “SAT” berarti, S adalah daerah Jakarta Selatan, A yang berarti mobil berjenis pick up atau sedan dan T berarti merupakan abjad yang membedakan kendaraan yang satu dan yang lainnya.

Baca Juga : Plat BG Daerah Mana

Plat BK Daerah Mana?

Setelah memahami pembagian dari masing – masing kode pada plat kendaraan, maka saatnya menjawab pertanyaan seputar ” Plat BK daerah mana ?”.

Plat nomor Kendaraan BK merupakan kode plat yang digunakan untuk kendaraan bermotor yang terdaftar di kota dan kabupaten Sumatera Utara bagian Pesisir Timur seperti:

  • Kota Medan
  • Kota Tanjung Balai
  • Kota Binjai
  • Kota Pematang Siantar
  • Kabupaten Serdang
  • Kota Tebing Tinggi
  • Kabupaten Labuhanbatu
  • Kabupaten Labuhanbatu Selatan
  • Kabupaten Asahan 
  • Kabupaten Karo
  • Kabupaten Langkat
  • Kabupaten Serdang Begadai
  • Kabupaten Simalungun
  • Utara Kabupaten Deli Serdang
  • Kabupaten Labuhanbatu
  • Kabupaten Batubara

Berikut ini merupakan tabel kode huruf pada belakang plat yang terdaftar di kota dan kabupaten Sumatera Utara bagian Pesisir Timur beserta pembagian wilayahnya :

Wilayah Kode Huruf
Kota MedanA/B/C/D/E/F/G/H/I/K/L
Kota Tebing Tinggi N
Kota Binjai R
Kota Tanjung BalaiQ
Kota Pematang SiantarW
Kabupaten Labuhanbatu Y
Kabupaten Labuhanbatu SelatanZ
Kabupaten Asahan V
Kabupaten Karo S
Kabupaten Langkat P
Kabupaten Serdang Begadai X
Kabupaten SimalungunT/U
Utara Kabupaten Deli SerdangM
Kabupaten Labuhanbatu UtaraJ
Kabupaten Batubarao

Mengetahui Informasi Plat BK Dengan Aplikasi Cek Plat?

Terlepas dari sebuah pertanyaan Plat Bk Derah mana ?, kita juga dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai sebuah kendaraan bermotor melalui aplikasi cek plat. Aplikasi ini berkordinasi dengan E-Samsat.

Sehingga kita dapat memperoleh informasi mengenai kendaraan dengan mudah, kita hanya cukup memilih asal daerah pendaftaran kendaraan dan memasukan kode pada plat nomor kendaraan.

Setelah itu pada aplikasi akan ditampilkan informasi lengkap mengenai kendaraan bermotor yang ingin kita ketahui seperti nomor polisi, warna kendaraan, model, merk, tahun, masa pajak, dan lain sebagainya

Kata Penutup

Sekian penjelasan mengenai informasi kode plat kendaraan BK, semoga dapat menjawab pertanyaan mengenai “kode plat BK daerah mana ?” dan bermanfaat bagi kita semua sebagai bahan pembelajaran untuk menambah wawasan.

Demikian informasi yang saya sampaikan, pastikan kita semua selalu menaati peraturan dalam berlalu lintas di jalan demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Terimakasih telah berkunjung pada www.jokowinomics.id nantikan informasi terbaru yang akan kami beritakan.

Rate this post

0831 Kartu Apa

Sulastri
2 min read

Plat AE Daerah Mana

Rofi Putri Rizki
3 min read

Plat G Daerah Mana

Rofi Putri Rizki
3 min read