Plat D Daerah Mana? Informasi Kode Kendaraan Indonesia

3 min read

Plat D Daerah Mana

Plat D Daerah Mana – Setiap kendaraan di Indonesia wajib memiliki Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) sebagai tanda resmi kepemilikan suatu kendaraan bermotor.

Surat tanda kendaraan bermotor inipun akan didapatkan berpasangan dengan Plat nomor kendaraan bermotor yang biasa kita kenal dengan nomor polisi. Plat nomor polisi merupakan tanda resminya suatu kendaraan telah memperoleh izin untuk beroperasi di jalan raya umum.

Pada plat nomor kendaraan terdapat informasi mengenai kode wilayah, masa berlaku pembayaran pajak, dan kode – kode tertentu yang akan kita bahas pada artikel ini.

Plat Nomor kendaraan tersusun dari kombinasi huruf dan angka yang merupakan kode seri untuk setiap kendaraan, maka setiap kendaraan pastinya memiliki plat nomor yang berbeda.

Plat D Daerah Mana ?

Ketika sedang berlalu lintas tidakah kalian merasa bingung saat menjumpai kendaraan dengan plat nomor yang cukup asing, karena kendaraan tersebut bukan berasal dari daerah tempat kalian tinggal?

Contohnya seperti Mobil atau Motor dengan plat nomor kendaraan yang berawalan kode huruf D. maka akan terlintas dalam pertanyaan dalam benak kalian ” plat D daerah mana ?”

Mengetahui Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beribu kabupaten dan kota, maka akan sangat sulit jika kalian harus menghafal setiap kode kendaraan yang di miliki oleh masing – masing wilayah.

Maka dari itu pada artikel ini kita akan mengulas mengenai plat D daerah mana ? . Ternyata kendaraan dengan kode huruf awalan D adalah kendaraan bermotor yang terdaftar di wilayah kota Bandung Raya atau eks Keresidenan Parahyangan Barat termaksud juga Pariangan Barat, Kabupaten Bandung dan sekitarnya.

Tidak hanya kode huruf di bagian depan sebelum nomor seri kepolian ternyata, untuk masing – masing wilayah yang menggunakan kode plat nomor kendaraan bermotor D memiliki perbedaan kode huruf pada belakang setelah nomor polisi.

Daftar Wilayah Plat D dan Daftar Kode Belakangnya

Berikut ini daftar wilayah yang menggunakan kode huruf awalan D pada plat nomor dan daftar kode huruf belakangnya :

WilayahKode BelakangContoh
Kota Bandung A/B/C/D/E/F/G/H/I/J/K/L/M/N/O/P/RD 2203 FI
Kabupaten Bandung Barat U/W/XD 2203 WI
Kabupaten BandungV/Y/ZD 2203 ZY
Kota CimahiS/TD 2203 TY

Walaupun terlihat tidak terlalu penting, tetapi plat nomor kendaraan juga berfungsi sebagai pengingat masa berlakunya pemabayaran pajak, pastinya kalian tidak ingin terkena tilang oleh polisi lalu lintas bukan?

Maka sangatlah penting untuk memperhatikan plat nomor kendaraan bermotor agar terhindar dari razia di jalanan. selanjutnya akan di informasikan mengenai cara mudah untuk memeriksa plat nomor yang dapat anda lakukan.

Baca Juga : Plat BG Daerah Mana

Cara Memeriksa Plat Nomor Kendaraan

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai wilayah registrasi, kepemilikan, warna kendaraan, merk , tahun dan lain sebagainya maka kalian tidak perlu bersusah payah ke Samsat dan melakukan antre.

Karena saat ini terdapat cara yang mudah untuk memeriksa plat nomor kendaraan tanpa harus jauh – jauh keluar rumah. Pengecekan dapat dilakukan melalu online yaitu dengan mengunduh aplikasi cek plat yang telah berkoordinasi dengan Samsat.

berikut cara mengecek plat nomor melalui aplikasi :

  • Pastikan Kalian telah mendownload aplikasi Cek Pajak Kendaraan pada Google Play store.
  • Buka aplikasi .
  • Pilih asal provinsi kalian.
  • Tuliskan Plat nomor kendaraan bermotor yang kalian miliki.
  • Maka akan tampil Informasi terkait kendaraan bermotor yang ingin kalian tahu, meliputi keresmian nomor plat kendaraan. Bahkan kalian juga dapat mengakses besaran pajak yang harus dibayar dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, aplikasi Cek Pajak Kendaraan bermotor juga dapat menampilkan informasi mengenai biaya balik nama (BBN) kendaraan bemotor yang kalian miliki. Biaya balik nama ini adalah sebesar 1 % dari nilai jual kendaraan bermotor milik kalian.

Berdasarkan sumber yang saya peroleh terdapat pula cara lain untuk mengecek plat nomor kendaraan melalui SMS, untuk mengatahui kebenarannya berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kalian coba :

  • Untuk wilayah Jakarta : kirim pesan dengan format Metro (spasi) Nomor Kendaraan ke nomor 1717
  • Untuk wilayah Jawa Barat : kirim pesan dengan format Info (spasi) Nomor Kendaraan ke 0811 2119 211
  • Untuk Wilayah Jawa Tengah : Kirim pesan dengan format JATENG (spasi) Nomor Kendaraan ke 9600
  • Untuk Wilayah Jawa Timur : kirim pesan dengan format JATIM (spasi) Nomor Kendaraan ke 7070
  • Untuk wilayah Kepulauan Riau : kirim pesan dengan format Kepri (spasi) Nomor Kendaraan (tanpa spasi pada nomor kendaraannya) ke 9969
  • Untuk Wilayah Yogyakarta : kirim pesan dengan format DIY (spasi) Nomor Kendaraan ke 9600

Warna Plat Nomor Kendaraan Bermotor di Indonesia

Plat nomor kendaraan bermotor di Indonesia memiliki beberapa macam warna, setiap warna baik itu pada tulisan ataupun warna dasar plat memiliki makna tersendiri. Berikut rinciannya :

  • Warna Dasar Plat Hitam Dengan Tulisan Putih

Plat nomor kendaraan dengan warna dasar hitam dan tulisan putih biasanya digunakan untuk kendaraan pribadi yang biasa di kenakan oleh kita di kehidupan sehari hari.

  • Warna Dasar Plat Hitam Dengan Tulisan Putih dan Memiliki Kode Khusus

Plat jenis ini, merupakan plat nomor kendaraan bermotor yang merupakan perwakilan atau staff operasional diplomatik dari negara asing. kode khusus yang ada di plat ini memiliki lima angka dan kode negara yang bertuliskan sesuai ketentuan dengan huruf yang lebih kecil.

  • Warna Dasar Plat Kuning Bertulisan Hitam

Plat dengan Warna dasar kuning dan tulisan berwarna hitam digunakan oleh kendaraan umum. Plat ini biasa digunakan pada kendaraan angkot , bus dan sejenisnya.

  • Warna Dasar Plat Merah Dengan Tulisan Putih

Plat dengan warna dasar merah dan tulisan putih digunakan bagi kendaraan bermotor milik pemerintah, umunya para pegawai dari pemerintahaan menggunakankendaraan dengan plat ini sebagai kendaraan berdinas.

  • Warna Dasar Putih Bertulisan Merah

Jenis kendaraan berplat dasar putih dan tulisan merah sangat jarang di temui kecuali di koto kota besar. kendaraan dengan plat ini menandakan kendaraan tersebut merupakan kendaraan bermotor korps Diplomatik Negara asing.

Nomor Urut Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwa setiap plat nomor memiliki perbedaan, pembagian kode seri pada plat nomor di setiap kendaraan diatur sesuai dengan ketentuan yang berlaku di wilayah setempat.

Nomor yang berlaku di Indonesia dibedakan untuk kepentingan hukum dan administrasi. terdapat pula plat nomor khusus yang kepemilikannya harus di atur terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan.

Masa Berlaku Plat Kendaraan Bermotor

Semua Plat nomor di Indonesia memiliki masa berlaku selama Lima tahun, apabila masa berlaku habis maka pemilik kendaraan wajib melakukan registrasi ulang guna memperpanjang masa berlaku.

Ketika memperpanjang nomor seri pada plat nomor tidak akan berubah. masa berlaku plat nomor tercantum pada tulisan kecil di bagian bawah kode seri. Tulisan tersebut memuat dua digit tahun dan bulan .

Baca Juga : Plat BK Daerah Mana

Akhir Kata

Demikian Informasi mengenai kode kendaraan Indonesia, semoga bermanfaat. Pastikan kalian semua selalu mematuhi segala peraturan dalam berlalu lintas demi keamaanan dan kenyamanan bersama.

Terimakasi telah berkunjung ke jokowinomics.id, nantikan informasi menarik lainnya yang akan kami beritakan !

5/5 - (1 vote)