Plat G Daerah Mana

3 min read

Plat G Daerah Mana

Plat G Daerah Mana – Seluruh kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan umum wajib memiliki nomor tanda kendaraan bermotor ini, biasa kita kenal dengan plat nomor atau nomor polisi.

Plat nomor terbuat dari potongan logam alumunium yang didalamnya terdapat kombinasi antara huruf dan angka yang menunjukan informasi suatu kendaraan.

Plat nomor merupakan bukti legalitas suatu kendaraan bermotor yang kalian miliki, untuk setiap wilayah yang berada di Indonesia setiap kendaraan bermotor memiliki kode nomor kendaraan yang berbeda.

Pada umumnya Kode tersebut, dilambangkan dengan satu hingga dua huruf abjad yang dituliskan paling depan sebelum kombinasi angka pada plat nomor kendaraan bermotor.

Terdapat berbagai macam kode huruf di Indonesia untuk setiap wilayah, Misalnya kendaraan dengan Plat BK, plat B, Plat BG, dan masih banyak lagi. Nah pada artikel kali ini jokowinomics.id akan membahas terkait kendaraan bermotor dengan plat G daerah mana saja.

Agar kalian mengetahui kode kendaraan bermotor Plat G daerah mana saja, untuk itu maka simaklah ulasan berikut ini, sampai akhir!

Plat G Daerah Mana Saja ?

Nomor tanda kendaraan bermotor terdiri dari susunan yang sama, yaitu satu hingga dua huruf, satu hingga empat angka dan kombinasi dari dua hingga tiga huruf pada nomor belakang plat.

Maka apakah makna dari masing- masing penempatan kombinasi huruf dan angka tersebut?, ternyata huruf pertama pada awal penulisan nomor kendaraan ini melambangkan diwilayah mana suatu kendaraan bermotor terregistrasi.

Maka tak jarang para pengguna kendaraan yang ingin mengetahui kode nomor kendaraan Plat G Daerah mana, karena kode huruf tersebut terlihat asing untuk kode nomor kendaraan di daerah sekitarnya.

Plat nomor kendaraan bermotor yang berawalan huruf G diperuntukan bagi kendaraan yang terdaftar pada kepolisian di wilayah eks Keresidenenan Pekalongan, Jawa Tengah.

Daftar Wilayah Kendaraan Plat G Beserta Kode Belakangnya.

Selain Kode huruf pertama pada nomor kendaraan, huruf di bagian belakang pada nomor kendaraan juga ternyata memiliki makna tersendiri. Agar lebih jelas, berikut ini merupakan tabel wilayah kendaraan berplat G beserta kode belakangnya :

Wilayah Kode BelakangContoh Plat Nomor Kendaraan
Kota Pekalongan A/S/HG 2203 AI
Kabupaten Pekalongan B/K/O/T G 2203 BI
Kabupaten Pemalang I/D/M/W G 2203 MI
Kabupaten Batang C/L/X/VG 2203 CI
Kabupaten Tegal F/P/Q/ZG 2203 PI
Kabupaten Brebes G/R/J/U G 2203 RI
Kota Tegal N/E/YG 2203 YI

Peraturan Terkait Plat Nomor Kendaraan

Setelah mengetahui Informasi terkait kode kendaraan Plat G daerah mana, sebagai pemilik kendaraan bermotor kalian juga harus mengetahui beberapa peraturan mengenai plat nomor kendaraan.

Peraturan ini sangatlah penting bagi kalian, sebab apabila plat nomor kendaraan yang kalian gunakan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku maka kalian akan dikenakan sanksi seusai Undang – Undang yang berlaku di Indonesia.

Berikut ini merupakan aturan – aturan yang berlaku mengenai plat Nomor kendaraan bermotor di Indonesia :

Ukuran dan Spesifikasi Plat Nomor Kendaraan

Ukuran Plat nomor kendaraan sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu plat nomor kendaraan bermotor yang memiliki ukuran 250/105 mm untuk kendaraan beroda dua dan berukuran 395/135 mm untuk kendaran beroda empat.

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahan yang digunakan untuk membuat plat nomor ini adalah plat alumunium dengan warna dasar berbeda – beda sesuai jenis kendaraannya. Berikut ini merupakan plat nomor kendaraan beserta artinya :

  • Warna dasar plat Merah dan tulisan putih diperuntukan bagi kendaraan pemerintahan.
  • Warna dasar plat merah atau putih dan tulisan hitam diperuntukan kendaraan Korps Diplomatik negara lain.
  • Warna dasar plat kuning dan tulisan hitam diperuntukan kendaraan umum.
  • Warna dasar plat hitam dan tulisan warna putih diperuntukan kendaraan pribadi atau perseorangan.
  • Warna dasar plat hitam dan tulisan warna putih,terdapat 5 angka dan kode angka negara dengan tulisan kecil merupakan kendaraan milik Staff Operasional Korps Diplomatik Negara lain.

Letak Penempatan Plat Nomor Kendaraan

Selain ukuran yang ada standarisasinya, pemerintah juga mengatur tentang peletakan penempatan plat nomor kendaraan, plat nomor dipasang pada bagian depan dan belakang setiap kendaraan yang kalian miliki.

Pada penempatan plat nomor kendaraan di bagian belakang, memiliki spesifikasi khusus yaitu wajib dipasang lampu penerang tanda nomor kendaran bermotor. lampu ini berfungsi sebagai penerang nomor plat kendaraan agar dapat terbaca dalam jarak 50 meter dari belakang kendaraan.

Masa Berlaku Plat Nomor Kendaraan

Plat nomor kendaraan bermotor memiliki masa berlaku. Masa berlaku plat nomor kendaraan yaitu selama 5 tahun. kalian dapat melihat masa berlaku plat nomor ini pada plat nomor itu sendiri.

Tulisan masa berlaku plat nomor kendaraan terletak pada pojok kanan bawah nomor polisi dengan tulisan yang lebih kecil. Biasanya tertulis dengan formay bulan dan tahun.

Maka sebelum masa berlaku tersebut habis kalian wajib melakukan resgistrasi ulang agar tidak dikenakan sanksi oleh pihak kepolisian setempat.

Plat Nomor Kendaraan Yang Tidak Sesuai Dengan Ketentuan

Peraturan – peraturan diatas merupakan peraturan yang di buat sebagai standar dari kendaraan bermotor. pemasangan plat nomor kendaraan merupakan hal yang menjadi perhatian dalam pemeriksaan kelengkapan kendaraan bermotor.

Biasanya plat nomor yang dapat ditilang merupakan plat nomor kendaraan yang telah di modifikasi dan tidak sesuai dengan standar yang ada. seperti font penulisan hingga susunan huruf dan angka pada platnya.

Jika ingin memodifikasi plat kendaraan seperti mengganti nomor plat kendaraan sesuai dengan angka kesukaan kalian, maka kalian harus sesuai dengan prosedur pada instansi terkait serta membayar sejumlah uang administrasi.

Perkembangan Plat Nomor Kendaraan Bermotor.

Penggunaan kode plat nomor belakang pada kendaraan bermotor ini ternyata sudah berlaku pada zaman Hindia- Belanda. Perlu kalian ketahui bahwa di era dahulu kode plat nomor kendaraan adala identitas suatu kendaraan.

Seiring perkembangan Teknologi kode plat nomor kendaraan ini, berfungsi sebagai pembantu pihak kepolisian pada kasus pelaporan kendaraan yang hilang.

Dengan adanya plat kendaraan bermotor, itu akan mempermudah pihak kepolisian dalam proses penanganan kasus tersebut.

Baca Juga : Plat BH Daerah Mana

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi terkait Kode nomor kendaraan Plat G daerah mana, makna kombinasi angka dan huruf pada plat nomor kendaraan serta aturan aturan mengenai plat nomor kendaraan bermotor di Indonesia.

Sebagai para pengguna atau pemilik kendaraan bermotor maka sangatlah penting untuk mengetahui hal – hal tersebut. Dan pastikan Kalian semua selalu patuh dalam menaati segala peraturan berkendara di jalan sesuai dengan Undang – Undang yang berlaku.

Demikian ulasan dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah wawasan dalam berkendara. Terimakasih telah berkunjung ke website ini dan nantikan informasi terbaru yang tidak kalah menarik!.

Rate this post

0831 Kartu Apa

Sulastri
2 min read

Plat AE Daerah Mana

Rofi Putri Rizki
3 min read

Plat D Daerah Mana

Rofi Putri Rizki
3 min read