Plat B Daerah Mana? Info Kode Plat Nomor Kendaraan

3 min read

Plat B Daerah Mana

Plat B Daerah Mana – Plat nomor kendaraan adalah suatu komponen wajib yang dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor. Penggunaan plat nomor kendaraan, di Indonesia sendiri sudah di atur dalam Undang – Undang tertentu.

Plat nomor kendaraan berfungsi sebagai identitas dari suatu kendaraan. Pada plat nomor kendaraan terdapat kode yang mengartikan informasi mengenai suatu wilayah, nomor kendaraan, dan masa berlakunya pajak kendaraan.

Bahan yang di gunakan untuk membuat plat Nomor kendaraan berupa Alumunium. Pemasangan plat nomor kendaraanpun harus sesuai dengan Undang – Undang yang berlaku.

Plat nomor kendaraan wajib dipasang pada bagian depan dan belakang di setiap kendaraan bermotor yang berlalu-lintas di jalan raya umum, baik itu merupakan kendaraan umum, dinas, pribadi, dan lain sebagainya.

Selain aturan bahan dan pemasangan plat nomor, terdapat pula aturan mengenai ukuran, warna, kode huruf dan angka pada nomor polisi, berdasarkan laman Auto2000, terdapat penggantian desain plat nomor kendraan bermotor di Indonesia.

Saat ini ukuran plat 5 cm lebih panjang dari pada sebelumnya, hal ini disebabkan karena adanya pertambahan tiga huruf yang terdapat di belakang nomor polisi. Sebelumnya hanya ada dua huruf sehingga saat ini total terdapat tiga huruf.

seperti yang sudah di jelaskan tadi, bahwasanya setiap kode yang tercantum pada plat nomor kendaraan memiliki maknanya masing – masing, maka bagaimanakah cara kita mengetahui maksud dari kode tersebut ?

kerapkali ketika kita berlalu lintas dijalanan menemukan berbagai plat nomor berbeda dengan kode huruf yang tidak familiar , seperti contohnya melihat kendaraan bermotor dengan plat nomor berawalan huruf B.

Mungkin kalian cukup asing dengan kendaraan bermotor tersebut dan mulai bertanya “plat B daerah mana?”, mengingat Indonesia negara kepulauan dengan banyak kota dan kabupaten, sulit untuk menghafal semua kodenya.

Jangan Khawatir !, Jokowinomics.id akan menyediakan berbagai artikel yang akan menjawab pertanyaan – pertanyaan kalian salah satu contohnya pertanyaan mengenai “plat B daerah mana?” yuk mari simak artikel ini hingga akhir!.

Jenis – Jenis Plat Nomor Kendaraan Sesuai Penggunaannya

Sebelum membahas lebih jauh, perlu kalian ketahui bahwa terdapat dua spesifikasi resmi yang berlaku di Indonesia, yaitu spesifikasi teknis dan warna.

Spesifikasi Teknis Plat Kendaraan Bermotor

  • Pada Plat nomor terdapat lis putih di sekeliling plat kendaraan bermotor seperti mobil.
  • Sudah tidak terdapat pembatas lis putih di antara nomor kendaraan bermotor dan masa berlakunya.
  • masih terdapat dua baris di dalam plat nomor, yaitu pada baris pertama yang berarti kode daerah, nomor polisi, serta kode akhir daerah. dan baris kedua menunjukan kode masa berlaku plat nomor (masa berlakunya pembayaran pajak).

Spesifikasi Warna Plat Kendaraan Bermotor

Berdasarkan pasal 39 ayat 3 peraturan kepolisian Negara Republik Indonesia No 5 Tahun 2012 mengenai Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, terdapat informasi mengenai warna plat kendaraan bermotor berdasarkan penggunannya sebagai berikut :

  • Plat berwarna dasar kuning dan tulisan berwarna hitam berarti digunakan untuk kendaraan bermotor umum.
  • Plat berwarna dasar hitam dan tulisan berwarna putih berarti digunakan untuk kendaraan bermotor sewa atau kendaraan perseorangan.
  • Plat berwarna dasar merah dan tulisan berwarna putih berarti digunakan untuk kendaraan bermotor pemerintahaan.
  • Plat
  • Plat berwarna dasar putih dan tulisan berwarna biru berarti digunakan untuk kendaaraan bermotor Korpf Diplomatik Negara Asing.
  • Plat berwarna dasar hijau dan tulisan hitam berarti di gunakan untuk kendaraan bermotor pada kawasan perdagangan bebas yang memperoleh fasilitas pembebasan bea masuk, atas peraturan KEMENKEU. dimana kendaraan jenis ini tidak di perbolehkan beroperasi ke wilayah Indonesia lainnya.

Plat B Daerah Mana ?

Plat Nomor kendaraan terdiri dari kombinasi huruf dan angka, huruf dan angka tersebut merupakan kode seri yang menunjukan suatu wilayah, dan biasanya terdiri dari dua huruf saja.

Kode tersebut dapat mencakup beberapa kota atau daerah. terdapat kemungkinan satu kode plat di peruntukan hingga 4 kota . maka khusus pada artikel ini kita akan membahas mengenai plat B daerah mana ?

Ternyata Plat B merupakan kode plat nomor kendaraan untuk wilayah di sekitar JODETABEK seperti :

  • Wilayah Jakarta Barat
  • Jakarta Pusat
  • Jakarta Selatan
  • Jakarta Timur
  • Jakarta Utara
  • Depok
  • Bekasi
  • Tangerang
  • Tangerang Selatan.

Baca Juga : Plat BH Daerah Mana

Daftar Wilayah JADETABEK Beserta Kode Belakangnya :

Setelah mengetahui Plat B daerah mana, kita juga perlu tahu bahwa huruf pada plat nomor polisi suatu kendaraan menunjukan kode suatu pembagian wilayah.

Huruf Pertama Pada Plat Kendaraan Wilayah Jakarta Setelah Nomor Polisi

Berikut daftar mengenai wilayah masing – masing kode huruf pertama pada setelah nomor polisi plat kendaraan Jakarta:

Kode
Huruf
Wilayah Terdaftar
BJakarta Barat
UJakarta Utara
SJakarta Selatan
PJakarta  Pusat
TJakarta Timur
ZKota Depok (Cinere, Sawangan,Limo)
EKota Depok (Cipayung, Sukmajaya, Beji, Cimanggis)
NKabupaten Tangerang ( Kelapa Dua, Cisauk, Legok, Pagedangan)
CKota Tangerang ( Neglasari, Karawaci, Jatiuwung, Batuceper, Cibodas, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Kota)
VKota Tangerang (Ciledug, Larangan, Pedurenan, Cipondoh)
KKota Bekasi
FKabupaten Bekasi
XTNKB sementara
W Kota Tangerang Selatan

Huruf Kedua Pada Plat Kendaraan Wilayah Jakarta Setelah Nomor Polisi

Berikut ini merupakan arti dari kode huruf kedua pada plat Kendaraan bermotor wilayah Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang :

Kode HurufJenis Kendaraan
B Pick up kabin ganda
A Sedan dan pick up
U/Z Pick up yang sudah dimutasi
B/D/W/E/R Sedan yang sudah dimutasi
V/P/M/G/Y/W/U Minibus, hatchback, dan city car yang telah dimutasi
F/K/O/Z/R/Y/I Minibus, hatchback, dan city car
*HX/*IXAmbulance dan mobil jenazah
JSUV dan JIP
L/CSUV dan JIP yang telah dimutasi
C/DTruk dan pickup box
T/*UATaksi
*TX/*UXAngkutan umum
*QNKendaraan Staf Pemerintah

Huruf Ketiga Pada Plat Kendaraan Wilayah Jakarta Setelah Nomor Polisi

Arti huruf ketiga pada plat kendaraan bermotor tak lain hanyalah sebagai pembeda yang di tentukan oleh pihak kepolisian untuk suatu kendaraan bermotor yang satu dan yang lainnya.

Meskipun begitu huruf tersebut, mengikuti siklus/pola dalam kurun waktu tertentu. Penentuan huruf tersebut didasarkan pada pola dari penggunaan huruf yang dilakukan oleh pihak kepolisian setempat.

Baca Juga : Plat BG Daerah Mana

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai Plat BH daerah mana di buat, semoga dapat membantu para pengguna lalulintas dalam menambah wawasan berkendara.

Pastikan kita selalu patuh terhadap peraturan berlalu lintas demi kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan. Terimakasih telah berkunjung ke jokowinomics.id nantikan informasi terbaru yang akan di beritakan.

Rate this post