Plat AE Daerah Mana

3 min read

Plat AE Daerah Mana

Plat AE Daerah Mana – Kita sebagai manusia tentunya tidak terlepas dari kebutuhan transportasi, dimana setiap manusia memiliki aktivitas yang berbeda dan bermobilitas, mau tidak mau maka dibutuhkan transportasi dari berbagai jenis kendaraan.

Pada dasarnya transportasi merupakan perpindahaan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan bantuan kendaraan yang digerakan manusia atau mesin.

Seiring perkembangan zaman kini hampir setiap manusia memiliki kendaraan baik itu kendaraan beroda dua atau kendaraan beroda 4 atau lebih. Namun Tahukah kalian mengenai potongan alumunium yang terpasang pada bagian depan dan belakang kendaraan?

Yak, benda itu disebut dengan plat tanda nomor kendaraan. kegunaan daripada plat tanda nomor kendaraan ini berfungsi sebagai identitas sebuah kendaraan bermotor.

Pada plat nomor kalian dapat mengidentifikasi asal wilayah, jenis kendaraan, fungsi kendaraan dan lain sebagainya. Tidak hanya itu kalian juga dapat mengetahui masa berlaku pembayarn pajak.

Kode Plat Nomor Kendaraan Bermotor

TNKB (Tanda nomor kendaraan Bermotor) sering dikenal dengan nomor polisi. Plat nomor kendaraan bermotor ini merupakan tanda bahwa kendaraan tersebut telah terdaftar di kantor Samsat daerah setempat.

Kendaraan yang telah memiliki plat nomor yang sah dan sesuai ketentuan mengartikan bahwa kendaraan tersebut telah layak untuk beroperasi di jalan umum.

Sejarah Plat Nomor Kendaraan di Indonesia

Penggunaan Plat nomor polisi di Indonesia ternyata sudah aja sejak Zaman Hindia – Belanda. pada saat itu seluruh kendaraan diwajibkan untuk memasang plakat berhuruf B yang kemudian disertai dengan 5 angka dan di akhiri dengan huruf A atau C.

Huruf B pada plakat diartikan bahwa Batavia saat itu ditaklukan oleh pasukan dari Batalion B. dan ketentuan inipun berlaku untuk daerah lainnya seperti Surabaya dan Banten.

Di daerah Banten,plat nomor kendaraan bermotor di mulai dari huruf A yang menandakan bahwa saat itu Banten di taklukan oleh pasukan dari Batalion A. dan Surabaya menggunakan huruf L karena di taklukan oleh Batalion L.

Dan perturan itupun tetap di terapkan hingga sampai saat ini . dan menyebar ke segala pulau yang berada di Indonesia.

Spesifikasi Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Terdapat beberapa sepesifikasi teknis dari sebuah plat nomor kendaraan bermotor untuk segala jenis. Berikut ini adalah spesifikasi Teknis Plat Nomor Kendaraan Bermotor :

  • TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) berbentuk plat dari aluminium dengan cetakan terdiri dari dua baris.
  • Pada baris Pertama terdapat kode wilayah registrasi kendaraan yang biasanya dilambangkan “Huruf”, dan diikuti nomor polisi yang berupa “Angka”, dan diakhiri seri akhir wilayah dengan kode “Huruf”.
  • Pada Baris Kedua terdiri masa berlaku plat nomor kendaraan.

Cara Membaca Kode Plat Nomor Belakang Kendaraan Bermotor

Tidak hanya kode huruf pada awal plat nomor, ternyata kode plat nomor belakang kendaraan bermotor pun berfungsi sebagai pembeda asal kendaraan. berikut ini makna pada nomor seri kendaraan bermotor.

1. Huruf Pertama Pada Awal Nomor Polisi

Melambangkan kode kota atau wilayah pendaftaran atau asal mobil. Khusus untuk kendaraan dinas. huruf yang ada di awal kode plat nomor kendaraan menunjukan lambang instansi dimana kendaraan tersebut beregistrasi.

2. Kombinasi Angka

Merupakan nomor yang diberikan dari pihak kepolisian yang biasa disebut dengan nomor polisi. ini merupakan tanda dari jenis kendaraan tersebut.  

3. Huruf Pertama Setelah Angka Nomor Polisi

Huruf pertama setelah nomor kendaraan mengartikan kode daerah kota atau kabupaten daerah dimana kendaraan tersebut melakukan registrasi di kantor Samsat.

4. Huruf Kedua Sesudah Angka Nomor Polisi

Setelah huruf petama setelah nomor polisi, berikutnya ada nomor kedua setelah angka nomor polisi. Adapun, kode huruf ini mewakili jenis kendaraan menurut golongannya. Berikut rinciannya :

Kode KendaraanJenis Kendaraan
ASedan/Pick Up
DTruk
FMinibus,City Car, Hatchback
JSUV dan JIP
QStaf Pemerintahan
TTaksi
UStaf Pemerintahan
VMinibus

Jenis Plat Nomor Kendaraan Bermotor di Indonesia

Menurut Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri) Nomor 5 Tahun 2012. Mengenai Pendaftaran dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, pada pasal 39 ayat 3.Berikut ini penjelasannya :

  • Warna Dasar Plat Hitam dan Tulisan Putih: diperuntuk kendaraan pribadi maupun sewa
  • Warna Dasar Plat Merah dan Tulisan Putih: diperuntukan untuk kendaraan dinas milik pihak pemerintah
  • Warna Dasar Plat Hijau dan Tulisan Putih: diperuntukan ditemukan pada kendaraan bermotor yang ada di wilayah perdagangan bebas. Terlebih, di wilayah yang sudah menerima fasilitas pembebasan bea masuk. Menurut undang-undang yang berlaku, kendaraan dengan plat ini tidak boleh dimutasikan atau dioperasikan di wilayah lain di Indonesia.
  • Warna Dasar plat Kuning dan Tulisan Hitam: diperuntukan kendaraan umum. Misalnya; angkot, taksi, dan bus kota.
  • Warna Dasar plat Putih dan Tulisan Biru: diperuntukan kendaraan bermotor milik Korps Diplomatik dari negara asing.

Plat nomor pada setiap kendaraan memiliki kode yang berupa huruf dan angka serta memiliki makna masing-masing dan digunakan sebagai salah satu identitas kendaraan.

Baca Juga : Plat BH Daerah Mana

Plat AE Daerah Mana?

Setelah memahami beberapa ulasan di atas, lantas berikut ini akan membahas mengenai Kode nomor kendaraan bermotor plat AE daerah mana saja.

Plat AE merupakan kode yang digunakan oleh kendaraan bermotor yang terdaftar pada wilayah madiun, yang meliputi wilayah ponorogo, madiun, magetan, pacitan, dan ngawi.

Wilayah Dengan Kode Plat AE serta Kode Huruf Belakangnya

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya maka diketahui bahwa kode huruf belakang plat nomor kendaraan mengandung makna tertentu. Berikut ini Daftar Kode kendaraan berplat AE beserta kode huruf belakangnya:

Wilayah Kode Huruf BelakangContoh Plat Nomor Kendaraan
Madiun KotaA/B/CAE 2203 A
Madiun KabupatenD/E/F/GAE 2203 SV
Magetan KabupatenM/N/O/P/Q/RAE 2203 MAC
Ponorogo Kabupaten S/T/U/V AE 2203 STU
Pacitan KabupatenW/X/Y/ZAE 2203 W
Ngawi KabupatenH/I/J/K/LAE 2203 HDU

Cara Cek Informasi Plat AE Via Online

Kalian dapat memeriksa Informasi kendaraan plat AE secara online, untuk mengetahui informasi mengenai kendaraan dengan Plat AE daerah mana, tahun ,masa berlaku pajak dan lain sebagainya melalui aplikasi Cek Plat Kendaraan bermotor.

Aplikasi tersebut telah berkoordinasi dengan Samsat sehingga informasi yang kalian dapatkan merupakan informasi yang akurat.

Untuk menggunakannya kalian cukup hanya mendownload apliasi Cek Plat Kendaraan Bermotor dan memasukan provinsi serta nomor kendaran bermotor plat AE yang kalian miliki

Cara Cek Infomasi Plat AE Via Website

Berikut ini adalah cara untuk memperoleh informasi mengenai plat nomor kendaraan bermotor via website di pemerintah daerah sesuai provinsi masing masing. :

  1. Buka website pada pemerintah daerah masing masing
  2. Masukan plat nomor sesuai dengan kendaraan yang ingin kalian cari informasinya
  3. Dan informasi yang akan kalian cari akan tertera di layar setelah pencaharian

Akhir Kata

Demikian lah artikel mengenai informasi kendaraan bermotor plat AE ini di buat. Pastikan kalian selalu patuh terhadap peraturan lalu lintas demi keamaanan dan kenyamanan sesama penggunga jalan.

Semoga informasi yang di berikan bermanfaat. Terimakasih terlah berkunjung ke website ini, nantikan informasi selanjutnya yang akan kami beritakan.

5/5 - (1 vote)

0831 Kartu Apa

Sulastri
2 min read

Plat G Daerah Mana

Rofi Putri Rizki
3 min read

Plat D Daerah Mana

Rofi Putri Rizki
3 min read