Cara Live Di Tiktok

3 min read

Cara Live Di Tiktok

Cara Live Di Tiktok – Melakukan interaksi secara live atau mengadakan siaran secara langsung di media sosial seperti TikTok menjadi salah satu hal yang banyak digemari oleh pengguna aplikasi tiktok.

Selain dapat menampilkan dengan jelas apa yang ingin disampaikan, pemirsa dapat langsung merasakan pengalaman yang lebih baik dari sekedar menonton video klip atau foto.

Oleh karena itu, hampir semua platform media sosial memiliki fitur live, salah satunya adalah TikTok. Awalnya hanya menampilkan video yang direkam sebelumnya.

TikTok sekarang memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung dan menerima hadiah langsung dari penonton.

Menariknya, fitur ini tidak hanya menarik bagi pengguna biasa, tetapi juga pemilik merek yang menggunakan fitur ini untuk menjual produk mereka.

Nah, bagi yang belum paham cara hidup di TikTok, wajib banget baca artikel ini. Ya, kali ini kita akan membahas bagaimana dan dalam kondisi apa Allstars akan disiarkan langsung di TikTok. Metode? Dengar, ayo!

Cara Mudah Melakukan Live di Tiktok

Cara Live Di Tiktok
Cara Live Di Tiktok

Pertama, pastikan Anda memiliki aplikasi TikTok versi terbaru di ponsel cerdas Anda. Jika Anda belum menggunakan versi ini, perbarui untuk mendapatkan versi terbaru TikTok.

Juga ingat bahwa Anda harus berusia minimal 16 tahun dan memiliki lebih dari 1.000 pengikut untuk bisa Live. Jika kedua syarat ini terpenuhi, Anda dapat langsung memulai siaran langsung di TikTok.

Melakukan siaran langsung di TikTok sangat mudah. Inilah yang harus dilakukan:

  • Masuk Ke akun TikTok, tap ikon kamera dan tekan “+”.
  • Geser untuk memilih opsi langsung di bawah ini
  • Tentukan gambar dan judul untuk tema live Anda
  • Jika sudah dipilih, lanjut silahkan tekan Live
  • Semua Pengikut akan mendapat pemberitahuan apabila siaran sedah dimulai dengan sukses
  • Dengan menekan tiga titik selama siaran langsung, Anda dapat mengubah berbagai pengaturan seperti pemilihan filter, pergantian kamera, pemfilteran komentar, penambahan penyaji, dan lainnya.
  • Apabila live tersebut ingin diakhiri, silahkan, tap tanda “X” pada sudut kiri atas

Penyebab Tombol Live Tidak Muncul di Tiktok

Mengapa saya tidak melihat tombol live padahal akun saya sudah aktif? Ini bisa disebabkan oleh faktor-faktor berikut:

Go Live Sedang Maintenance

Jika Anda memenuhi persyaratan tetapi tidak melihat tombol plus (+), pengembang mungkin akan mempertahankan fitur ini. Bahkan, selama maintenance, semua pengguna Tiktok tidak akan bisa menggunakan fitur yang sedang diperbaiki tersebut.

Solusinya tinggal menunggu proses repair/update selesai. Biasanya tidak butuh waktu lama. Setelah selesai, segarkan di aplikasi Anda. Ini untuk memastikan bahwa pembaruan muncul di Play Store.

Masih Menggunakan Aplikasi Versi Lama

Fitur Go Live adalah salah satu fitur terbaru yang baru-baru berhasil ditambahkan dan dimasukan ke dalam aplikasi oleh pihak pengembang Tiktok.

Namun apabila Anda sudah memenuhi persyaratan tetapi tidak memiliki akses untuk menggunalan fitur terbaru ini, sebaiknya Anda harus memperbarui aplikasi Tiktok Anda ke versi yang terbaru.

Kemudian setelah proses pembaruan atau update masih tidak muncul juga, bisa jadi itu karena disebabkan ada permasalahan sebagai berikut ini.

Bukan Akun Prioritas

Pada beberapa negara, fitur terbaru yang telah berhasil di tambahkan ke dalam aplikasi Tiktok ini masih tengah dalam pengujian atau beta testing.

Sehingga tidak semua akun saat ini bisa digunakan sebagaimana mestinya, karena sangat sedikit akun yang memiliki fitur siaran langsung, dan akun ini dipilih langsung oleh pengembang Tiktok.

Pada umumnya, penentuan akun yang memang terpilih dan mendapatkan kesempatan menguji fitur selama periode beta adalah fitur yang mengaktifkan mode pengembang Play Store.

Namun untuk mengaktifkan mode pengembang juga bukanlah hal yang mudah, karena Anda harus menggunakan aplikasi Tiktok dalam waktu yang cukup lama.

Jika akun Anda belum diuji beta untuk fitur Go Live, harap tunggu peluncuran penuh fitur untuk siaran langsung Tiktok.

Rekaman Video Sedang Digunakan Aplikasi Lain

Siaran langsung dengan aplikasi Tiktok berarti Anda menggunakan perangkat keras perekaman audio (mikrofon) dan video (kamera).

Jika kedua komponen ini aktif digunakan oleh aplikasi lain, tombol Go Now Tiktok akan dinonaktifkan secara otomatis terlebih dahulu.

Ini karena komponen tidak dapat digunakan untuk menulis ke dua aplikasi secara bersamaan. Contoh kasus seperti itu adalah ketika Anda bermain langsung di Instagram.

Kemudian meminimalkan aplikasi Instagram Anda dan mulai hidup di Tiktok. Nah, hal seperti itu mematikan tombol live Tiktok.

Tips! Cara Live Di Tiktok Tanpa 1000 Followers Termudah

Cara Live Di Tiktok
Cara Live Di Tiktok

Memperhatikan Durasi Saat Live

Orang tidak akan pernah menonton siaran langsung, jadi Anda harus benar-benar perlu memperhatikan beberapa hal agar orang berminat menonton siaran live Anda.

TikTok sendiri sangat merekomendasikan untuk melakukan live selama 30 menit sebagai waktu paling efektif untuk melakukan live siaran secara langsung.

Menyiapkan starter kit

Siapkan peralatan yang sesuai seperti efek pencahayaan, mikrofon, dan koneksi internet yang stabil untuk memastikan siaran langsung Anda dapat berjalan dengan lancar.

Kemudian Anda dapat menjalankan siaran uji pada waktu selain jam tayang utama untuk mendapatkan pengaturan siaran maksimum

Menentukan Waktu Yang Tepat

Kebanyakan orang melakukan siaran langsung ketika mereka pergi ke TikTok atau ketika dikatakan TikTok Prime Time.

Menurut berbagai catatan, waktu terbaik untuk pertunjukan langsung adalah pukul 12:00 hingga 14:00 dan pukul 19:00 hingga 22:00.

Perhatikan angle kamera

Sudut kamera juga harus dipertimbangkan untuk kenyamanan penonton. Hal ini diperlukan agar terlihat jelas ketika pemirsa sedang berbicara atau menjelaskan sesuatu, sehingga program yang sedang berjalan tidak langsung terputus.

Membuka Hubungan Interaksi

Hal terakhir dan terpenting adalah membangun interaksi dengan audiens. Faktanya, tidak semua orang memiliki manfaat berbicara di depan banyak orang, dalam hal ini orang percaya. Mereka tidak “terlihat” tetapi masih membutuhkan interaksi untuk membuat aliran yang dinamis dan tidak konsisten.

Perhatikan setiap komentar yang diterima. Jawab pertanyaan yang diterima satu per satu atau terima semua pujian dan hadiah. Anda dapat berlatih berbicara dengan cermin sebagai “media”.

Juga, untuk memfasilitasi pidato Anda, kami menyiapkan garis besar sederhana tentang topik mana yang akan dibahas selama siaran.

Kata Penutup

Itulah sedikit informasi penting yang bisa admin Jokowinomics.id sampaikan, semoga tips cara melakukan live di tiktok dan beberapa poin penting yang sudah admin uraikan diatas bisa menjadi informasi yang sangat berharga dan membantu Anda semua.

Terimakasih atas kesediaanya berkunjung di halaman web sederhana kami, sampai jumpa lagi pada pemabahasan selanjutnya,.!! see you bye bye

1/5 - (2 votes)