Diprediksi Membaik, Menko Airlangga Optimis Ekonomi Kuartal IV Positif

Diprediksi Membaik, Menko Airlangga Optimis Ekonomi Kuartal IV Positif
Komite Covid-19 dan PEN Siapkan Protokol Pelaksanaan Vaksinasi
Amanat UU Ciptaker, Sovereign Wealth Fund Indonesia Siap Hadir

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini perekonomian Indonesia telah berada di jalur yang tepat usai jatuh ke jurang resesi di kuartal III lalu. Ia bahkan yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia akan positif di kuartal IV ini.

Demikian dikatakan Airlangga saat memberikan sambutan dalam acara Jakarta Food and Security Summit ke-5 Tahun 2020 yang berlangsung pada Rabu (18/11/2020), kutip CNBC Indonesia.

“Kalau kita lihat dari segi ekonomi itu sendiri kita lihat bahwa pertumbuhan kita masuk dalam tren positif dari minus 5,32% menjadi minus 3,49%. Dan kita berharap di kuartal IV nanti, bisa antara minus 1,6% sampai dengan 0,6%,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, salah satu pengungkit pertumbuhan ekonomi di kuartal III lalu adalah pengeluaran pemerintah. Di mana komponen itu tumbuh hingga 9,5%.
Baca: Percepat ekonomi Digital, Jokowi: Kita Butuh Content Creator

“Tentu kita menunggu dari sektor swasta dalam bentuk investasi, sehingga kalau dalam bentuk investasi meningkat, maka kita yakin bahwa di kuartal IV akan lebih baik,” kata Airlangga.

“Namun kalau kita lihat juga pertumbuhan kita q to q itu kan kemarin 5,05%. Sehingga tentu kalau ini bisa dipertahankan, maka di Desember itu akan positif,” lanjutnya.

Bagaimana dengan tahun depan? Airlangga bilang pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin tinggi. “Nah kalau kita lihat di tahun 2021, berbagai situasi, berbagai lembaga menilai pertumbuhan kita positif dan pemerintah sendiri outlook-nya di 5%,” ujar ketua umum Partai Golongan Karya itu.

COMMENTS