Temukan dan Kembalikan Uang Rp 500 Juta, Dua Petugas KRL Dapat Apresiasi

Temukan dan Kembalikan Uang Rp 500 Juta, Dua Petugas KRL Dapat Apresiasi
Ada 8 BUMN Berkumpul, Holding RS BUMN Mulai Dibentuk
‘Fee Based Income’ Dongkrak Laba Bersih Bank Mandiri Naik 9,44% YoY

Kementerian Badan Usaha Milik Negara berikan apresiasi kepada dua pekerja paruh waktu PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang kembalikan uang penumpang KRL senilai Rp 500 juta.

Apresiasi itu sebagai bentuk sosialisasi akan akhlak baik yang kerap didengungkan Kementerian BUMN untuk menumbuhkan etos kerja berlandaskan amanah, kompetensi, dan loyalitas menginspirasi lingkup kerja di salah satu perusahaan BUMN.

Dua pekerja paruh waktu yang dikontrak PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan anak usahanya KCI, yakni Petugas Pengawalan KRL, Egi Sandi Saputra (24) dan Petugas Kebersihan kereta, Mujenih (34). Keduanya melakukan tindakan mulia yang patut dicontoh.

Saat bertugas menjaga keamanan dan kebersihan kereta Commuter Jakarta-Bogor, Senin, 6 Juli 2020, Egi dan Mujenih menemukan kantong plastik hitam berisi uang tunai Rp 500 juta di kolong bangku prioritas salah satu gerbong.

Tanpa pikir panjang, keduanya pun menyerahkan uang tersebut kepada petugas passanger service yang membantu mengembalikannya kepada sang penumpang.

Meski keputusan itu jelas dilakukan tanpa pamrih, kejujuran Egi dan Mujenih layak mendapat apresiasi.

Kementerian BUMN pun tergugah untuk memberikan penghargaan khusus dengan menggelar acara “Apresiasi Petugas KRL” yang berlangsung di Synergy Lounge Lt. 3 KemenBUMN RI, Senin (13/7).

Pemberian apresiasi ini diharapkan akan memberikan dampak
positif serta menginspirasi banyak insan BUMN lainnya.

“Penghargaan yang diberikan kepada Saudara Egi dan Mujenih sebagai apresiasi kami, sekaligus penghormatan atas kejujuran dan amanah yang mereka dilakukan saat bekerja,” ujar Menteri BUMN, Erick Thohir saat memberikan sambutan.

“Ini cermin nyata sebuah akhlak yang dicontohkan teman-teman yang bertugas di barisan paling depan dan berhubungan dengan konsumen. Hal ini harus menginspirasikan kita semua yang bekerja sebagai pengambil kebijakan di level atas atau manajerial.”

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo menyampaikan rasa terima kasih kepada Menteri BUMN, dan Perusahaan BUMN yang memberikan apresiasi kepada Egy dan Mujenih.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri BUMN atas apresiasi yang di berikan kepada Egy dan Mujenih, tentu ini menjadi motivasi besar 5000 lebih frontliner di KCI/KAI yang siap melayani masyarakat dengan Integritas yang tinggi”, tambah Didiek.

Apa yang dilakukan oleh Egi dan Mujenih sejatinya sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari PT KAI dan PT KCI. Setidaknya ada ratusan barang dalam sebulan yang dilaporkan petugas melalui layanan Lost and Found.

COMMENTS