Ini Tiga Tujuan Pengembangan Kawasan Lumbung Pangan

Ini Tiga Tujuan Pengembangan Kawasan Lumbung Pangan
Rancangan Postur APBN 2021 Harus Antisipasi Risiko Pandemi
Presiden: Benahi Total Manajemen dan Pembinaan Olahraga Nasional

Pemerintah tengah menyiapkan lumbung pangan nasional (food estate) baru di Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah yang direncanakan menempati lahan potensial seluas 20.704 hektare. Dari jumlah tersebut, lahan yang telah fungsional mencapai 5.840 hektare.

Secara keseluruhan, terdapat kurang lebih 165.000 hektare lahan potensial di Kalimantan Tengah yang diperuntukkan bagi pengembangan kawasan lumbung pangan nasional tersebut.

Saat ini lahan seluas 85.500 hektare dari jumlah keseluruhan itu merupakan lahan fungsional yang sudah berproduksi tiap tahunnya.

Tujuan utama pengembangan kawasan lumbung pangan nasional, pertama menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan, kedua menjaga kelestarian lingkungan (moratorium penebangan hutan, restorasi gambut), dan ketiga pelibatan masyarakat/merevitalisasi perekonomian lokal/desa.

Korporasi petani akan menjadi basis pengembangan kawasan lumbung pangan baru di Kalimantan Tengah ini yang akan dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan.

Para petani yang menggarap lahan dan peternakan itu selanjutnya akan terkonsolidasi dalam kelompok-kelompok tani dengan terlebih dahulu difasilitasi baik sarana maupun prasarana serta pendukung lainnya.

Presiden mengingatkan agar semua kegiatan dilaksanakan secara cepat, terukur dengan data akurat, serta berdampak langsung dengan kesejahteraan masyarakat sesuai amanat konstitusi UUD 1945.

M. Fadjroel Rachman
Juru Bicara Presiden RI

COMMENTS