47,80% Masyarakat Memiliki Kepercayaan Tinggi terhadap Pemerintah dalam Penanganan Covid-19

47,80% Masyarakat Memiliki Kepercayaan Tinggi terhadap Pemerintah dalam Penanganan Covid-19
Optimisme di Masa Pademik Corona: Menyelamatkan Hidup dan Kehidupan Ekonomi Bangsa
Kepemimpinan dan Manajemen Krisis Jokowi- Maruf Menangani Covid-19

Survei Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konflik (Puspek) Universitas Airlangga (Unair) mencatat 47,80 % masyarakat Indonesia memiliki kepercayaan yang tinggi kepada pemerintah terkait penanganan Covid-19. Sementara 43,3% masyarakat memiliki memiliki kepercayaan sedang, dan 9% masyarakat yang memiliki kepercayaan rendah dalam penanganan covid-19.

Koordinator Analisis Penelitian Puspek Unair Fahrul Muzaqqi, mengatakan bahwa Puspek Unair membagi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam penanganan corona menjadi lima variabel, “Implementasi sistem penanganan, efektivitas PSBB, kondisi struktural pemerintah, komunikasi kebijakan, dan dukungan politik kepada Presiden Joko Widodo,” ujarnya dalam diskusi virtual, Selasa (14/7/2020).

Hasil survei yang patut menjadi sorotan adalah meski hanya 46,5% masyarakat Indonesia yang memiliki kepercayaan tinggi terhadap implementasi sistem penanganan corona, namun masyarakat Indonesia dengan dukungan politik yang tinggi kepada Jokowi mencapai 82%.

“Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa dukungan politik yang sangat besar kepada Presiden tidak selalu berbanding lurus dengan persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintah,” kata Fahrul.

COMMENTS