Pendaftar Relawan Penanganan Covid-19 Capai 15.250 Orang

Pendaftar Relawan Penanganan Covid-19 Capai 15.250 Orang
Presiden: Jalankan Protokol Kesehatan, Ancaman Covid-19 Belum Berakhir
Mengapa Natuna Jadi Tempat Transit Sementara WNI dari Wuhan?

Gugus Tugas Penanganan COVID-19 mencatat setidaknya ada 15.250 relawan yang telah mendaftar per 1 April 2020 pukul 17.00.

Ketua Relawan Gugus Tugas COVID-19 Andre Rahadian mengatakan, dari jumlah tersebut, 2.529 merupakan relawan medis dan 12.721 adalah relawan non-medis.

“Relawan medis terbanyak adalah perawat yang jumlahnya 1.227 orang,” ujarnya di kantor BNPB, Jakarta, Kamis (2/4/2020), kutip CNBC Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kesehatan, yang merupakan pihak berwenang dalam seleksi dan persiapan relawan ini, sebanyak 222 perawat sudah bertugas. Sementara itu, ada juga perawat yang masih dalam tahap persiapan yaitu melalui pemeriksaan medis sebelum ditempatkan.

“Kami akan memberikan insentif tunai sebagai tambahan insentif dalam aturan pemerintah,” tegasnya.

Sementara itu, pada pekan ini Gugus Tugas Penanganan COVID-19 akan menyalurkan bantuan ke 44 puskesmas dan RS rujukan. Bantuan tersebut berupa vitamin, susu dan minuman isotonik untuk menjaga daya tahan tubuh tenaga medis.

“Bantuan diterima dari Japfa, Danone dan Cimory,” ujarnya.

Dia mengatakan, tak sedikit antusiasme kelompok hingga perorangan yang berkontribusi secara langsung dalam memberikan bantuannya. Juru Bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto menyebut laporan donasi yang terkumpul dan masuk ke pemerintah sampai saat ini mencapai lebih dari Rp 72,2 miliar.

“Terima kasih upaya masyarakat yang tak hanya patuh bagi dirinya, tapi juga untuk bersama-sama,” pungkasnya.

COMMENTS