Lawan Covid-19: Pemerintah Percepat Program Padat Karya Tunai

Lawan Covid-19: Pemerintah Percepat Program Padat Karya Tunai
Satgas Covid-19: Penambahan Kasus Positif Harian Harus Jadi Peringatan
Badan POM Dukung Penelitian Obat COVID-19

Pemerintah akan melakukan percepatan program Padat Karya Tunai. Tujuannya untuk menyanggah daya beli masyarakat di tengah wabah Covid-19, terutama masyarakat miskin di pedesaan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh menteri, kepala lembaga, kepala daerah agar memperbanyak program-program yang sifatnya padat karya tunai. Dia ingin agar program yang sudah disiapkan agar ditingkatkan 5 kali lipat selama masa darurat corona.

“Ini dalam keadaan tidak normal dan masyarakat dalam posisi yang sulit. Oleh sebab itu memperbanyak padat karya tunai menjadi kewajiban semua kementerian, lembaga dan daerah. Kalau biasanya hanya membuat 10, sekarang 50, paling tidak 5 kali. Kalau hanya normal-normal saja nggak akan ada tendangannya,” tuturnya saat membuka rapat terbatas, Selasa (7/4/2020), kutip Detik.com.

Jokowi melihat ada beberapa kementerian yang memiliki program yang bisa dikaitkan dengan padat karya tunai. Misalnya Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, KLHK dan Kementerian BUMN.

Namun Jokowi menekankan pelaksanaan program padat karya tunai dilakukan mengikuti protokol kesehatan dengan pengawasan secara ketat. Sebab program ini difungsikan bisa menyerap banyak tenaga kerja di desa.

“Menjaga jarak, memakai masker sehingga pelaksanaan program padat karya tunai tidak mengganggu upaya kita untuk memutus rantai Covid-19,” tegasnya.

COMMENTS