PUPR Realokasi Anggaran 2020, Rp 24 T Untuk Lawan Covid-19

PUPR Realokasi Anggaran 2020, Rp 24 T Untuk Lawan Covid-19
Jubir Satgas: Recovery Rate Covid-19 Lebih Dari 82 Persen
Pemerintah Datangkan 1,8 Juta Vaksin Covid-19 Tahap 2

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merelokasi dan merefokuskan anggaran tahun ini senilai Rp 36,19 triliun, di mana Rp 24,53 triliun dari nilai itu akan digunakan pemerintah melawan Covid-19.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan kementerian yang dia pimpin akan melakukan realokasi anggaran sebesar Rp 36,19 triliun, dari total anggaran 2020 sebesar Rp 120 triliun.

Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan realokasi anggaran dalam memerangi virus Corona. Basuki menjelaskan Rp 24,53 triliun di antara anggaran itu dikembalikan ke Kementerian Keuangan.

“Dari total anggaran Kementerian PUPR tahun 2020, Rp 120 triliun, direalokasi dan direfocusing programnya sebesar Rp 36,19 triliun. Terdiri dari realokasi yang diberikan kepada Kemenkeu untuk dialokasikan langsung kepada bansos dan kegiatan lain yang berhubungan langsung dengan COVID, sebesar Rp 24,53 triliun,” kata Basuki lewat rilis video BNPB, Senin (13/4/2020), kutip Detikcom.

Kemudian Basuki memaparkan anggaran yang direalokasi juga akan digunakan untuk kegiatan padat karya di pedesaan. Jumlahnya Rp 10 triliun.

“Kami juga melaksanakan padat karya tunai, terdiri beberapa kegiatan, di Kementerian PUPR kami alokasikan Rp 10 triliun, untuk bangun irigasi kecil, pisew, program Kotaku, kota tanpa kumuh, dan lainnya,” kata Basuki.

Kemudian anggaran yang direalokasi juga sudah digunakan untuk membangun sarana observasi dan rumah sakit khusus di Pulau Galang, serta melakukan rehabilitasi Wisma Atlet Kemayoran untuk menjadi rumah sakit darurat. Totalnya, Rp 1,66 triliun.

“Ada pembangunan yang langsung untuk mengatasi COVID, seperti persiapan sarana observasi Pulau Galang, rehabilitasi rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran, totalnya Rp 1,66 triliun,” jelas Basuki.

COMMENTS