Ditanggapi Positif, Tambahan APBN Rp 405 T Hijaukan Pasar Saham

Ditanggapi Positif, Tambahan APBN Rp 405 T Hijaukan Pasar Saham
Presiden: Seluruh Bansos Harus Sudah Dibagikan Pekan Ini
Presiden Bawa UU Cipta ke APEC CEO Dialogue 2020

Pengumuman alokasi belanja tambahan pemerintah Rp 405,1 triliun dalam APBN untuk menangani Covid-19 sempat membuat pasar menghijau di sesi pertama perdagangan saham hari ini.

Penguatan juga membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat menjadi bagian dari sedikit pasar saham Asia yang menguat, ketika sebagian besar lain justru terkoreksi. Penguatan indeks utama pasar saham domestik itu sesuai dengan prediksi pelaku pasar.

Kepala Riset PT OSO Sekuritas Ike Widiawati dalam riset hariannya menyatakan hari ini indeks dapat menguat, terutama didorong analisis teknikal.

“Kami perkirakan IHSG kembali menguat dengan pergerakan di kisaran 4.414-4.697,” ujar Ike dalam riset harian perusahaan (1/4/20).

IHSG sempat menguat hampir 2% atau tepatnya 1,96% ke 4.627 dari posisi kemarin 4.538.

Meskipun sempat menguat, tetapi sore ini pergerakan IHSG sudah terkoreksi 1,61% ke 4.466. Koreksi terjadi selepas istirahat siang dan menjadi searah dengan pasar saham lain di Asia yang melemah.

Hari ini, pasar saham Asia hampir seluruhnya terkoreksi sejak pagi, di mana penguatan hanya dialami pasar saham Indonesia, Korsel, dan Thailand.

Indeks saham Nikkei di Jepang turun 4,5%, Hang Seng di Hong Kong melemah 2,24%, Shanghai Composite di China terkoreksi 0,57%, dan Straits Times di Singapura turun 1,77%.

COMMENTS