Tak Hanya di Indonesia, Ada Sejumlah WNI yang Positif COVID-19 di Luar Negeri

Jelang New Normal, Kemenhub Atur Protokol Transportasi
Kasetpres: Kami Tetap Lakukan Pengetatan Protokol Kesehatan

Wabah virus corona (COVID-19) kini telah tersebar di lebih dari 100 negara di dunia. Terhitung hingga 9 Maret 2020, sudah terdeteksi 6 kasus positif virus corona di Indonesia.

Sementara itu, terdapat 12 warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang juga terjangkit COVID-19.

Berdasarkan data terbaru dari Kementerian Luar Negeri, dilansir dari akun Instagram @safetravel.kemlu, hingga Minggu (8/3/2020) pagi, total WNI yang mengidap COVID-19 di luar negeri berjumlah 12 orang.

Rinciannya, sejumlah WNI tersebut berada di 3 negara, yakni 9 WNI di Jepang, 2 WNI di Singapura, dan 1 WNI di Taiwan. Lalu pada Minggu malam, ada tambahan 1 WNI di Singapura yang terkonfirmasi menambah daftar kasus COVID-19 di luar Indonesia.

Jepang

Berdasarkan Kemenlu, dari 9 WNI yang dinyatakan terinfeksi virus corona, 6 di antaranya telah dinyatakan sembuh, sedangkan 3 lainnya dalam kondisi stabil.

Kini, para WNI tersebut masih menjalani proses pemulihan di rumah sakit di Jepang.

Seluruh WNI di Jepang yang terjangkit COVID-19 merupakan awak dari Kapal Pesiar Diamond Princess yang sebelumnya menjadi lokasi penyebaran virus dan sudah menjalani karantina selama 2 pekan di Yokohama.

Singapura

Total kasus infeksi virus corona yang menjangkit WNI di Singapura kini berjumlah 3 orang.

Berdasarkan keterangan Pemerintah Singapura, WNI yang dinyatakan positif terinfeksi pada Minggu (8/3/2020) adalah seorang laki-laki lansia.

Kasus berikutnya merupakan seorang WNI pekerja migran (44) yang tertular virus dari majikannya yang merupakan pemilik toko.

Kemudian, kasus lainnya adalah seorang perempuan berusia 62 tahun yang diduga kuat terjangkit virus dari kegiatan makan malam yang diadakan SAFRA Jurong Singapura pada 15 Februari 2020.

Dari 2 kasus awal, 1 sudah dinyatakan pulih sedangkan 1 lainnya masih dirawat dengan kondisi stabil.

Taiwan
Berdasarkan data Kemenlu di akun @safetravel.kemlu, seorang WNI yang positif COVID-19 di Taiwan kini dalam keadaan stabil meskipun belum sepenuhnya pulih.

Pasien WNI ini adalah seorang perempuan berusia sekitar 30 tahun dan merupakan pekerja migran.

Ia diduga terjangkit virus saat merawat lansia berusia 80-an tahun yang ternyata terkonfirmasi terinfeksi virus corona.

Sebelumnya, ia juga diketahui telah mengunjungi sejumlah tempat dan bepergian menggunakan kendaraan umum selama beberapa hari. 

COMMENTS