Presiden Jokowi Umumkan Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia

Presiden Jokowi Umumkan Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia
Pemangku Kepentingan Vaksin Diminta Patuhi Perpres No.99/2020
RSDL Indrapura Telah Rawat 419 Pasien Covid-19, 371 Pasien Sudah Sembuh

Indonesia digemparkan setelah beredar kabar masuknya virus corona (COVID-19) di Tanah Air. Hal ini dikonfirmasi oleh pemerintah Indonesia setelah mengumumkan kasus pertama virus corona di Indonesia.

Berdasarkan keterangan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020), dinyatakan terdapat dua orang warga Depok yang dipastikan positif virus corona.

Kedua orang tersebut terjangkit virus corona setelah berinteraksi dengan warga negara Jepang yang mengidap COVID-19.

“Ibu itu di Indonesia. Sudah di rumah sakit. Saya sampaikan bahwa yang (WN) Jepang bertemu dengan anaknya ibu yang umur 31 tahun dan ibunya 64 tahun itu ada di Indonesia,” sebut Jokowi.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Saputra menjelaskan bahwa dua WNI yang positif corona ini merupakan warga Depok, Jawa Barat. Saat ini, rumah warga tersebut telah diisolasi oleh petugas. 

“Rumahnya dicek, ibu dan anak. (Usia) 61 dan 31 tahun. Sudah melakukan isolasi rumah,” ujar Menkes Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Kini kedua WNI tersebut dirawat dalam ruangan khusus di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

“Di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain,” tambahnya.

Meski demikian, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia telah bersiap dan berantisipasi dari jauh-jauh hari untuk menangani wabah COVID-19.

“Tapi perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar mempersiapkan. Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik. Kita juga miliki peralatan yang memadai standar internasional,” ucap Presiden.

Dalam upaya mengantisipasi penularan COVID-19, masyarakat dianjurkan untuk selalu membersihkan tangan setelah beraktivitas ataupun berinteraksi dengan orang lain. Hal ini dapat dilakukan dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun ataupun antiseptik cair.

Selain itu, usahakan untuk selalu menutup mulut ketika batuk atau bersin menggunakan lengan tangan. Gunakan masker jika sedang mengidap flu dan segera periksa ke tenaga kesehatan apabila merasa kurang sehat.

COMMENTS