Kenali Gejala Virus Corona dan Simak Cara Pencegahannya

Berikut Update Terkini Jumlah Kasus Positif COVID-19 di Indonesia
dr Reisa: Pasien Covid-19 Dengan Gejala Berat Bisa Sembuh

Terhitung hingga Selasa, 3 Maret 2020, telah terdeteksi 2 warga asal Depok yang dinyatakan positif virus corona (COVID-19). Kasus pertama virus corona di Indonesia ini cukup menggemparkan bagi seluruh masyarakat.

Akan tetapi, masyarakat perlu mengetahui gejala-gejala dari COVID-19 serta mengambil beberapa langkah guna mengantisipasi penularan virus asal kota Wuhan ini.

Tutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin

Tutupi mulut dan hidung Anda dengan tisu ataupun lengan tangan ketika Anda batuk atau bersin.

Lempar tisu bekas di tempat sampah sesegera mungkin dan cuci tangan dengan air bersih atau antiseptik.

Gunakan masker jika perlu.

Hindari menyentuh area muka

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak bersih.

Sering-seringlah membersihkan tangan Anda

Seusai memegang objek di tempat umum atau setelah berinteraksi dengan orang lain, bersihkan tangan Anda dengan sabun dan air selama paling tidak 20 detik atau bersihkan tangan Anda dengan pembersih tangan berbahan dasar alkohol yang mengandung 60 hingga 95% alkohol.

Bersihkan permukaan objek yang sering disentuh setiap harinya

Objek yang sering disentuh meliputi meja, meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, telepon, keyboard, tablet, dan meja samping tempat tidur. Gunakan semprotan pembersih rumah atau lap, sesuai dengan instruksi label. Kenakan sarung tangan dan pastikan Anda memiliki ventilasi yang baik selama membersihkan permukaan objek tersebut.

Pantau gejalanya

Cari pertolongan medis secepatnya jika Anda mulai merasakan gejala seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, badan lemas dan lesu hingga kesulitan bernapas.

Hubungi tenaga medis jika merasa ada gejala Covid-19

Jika Anda ingin mengunjungi penyedia layanan kesehatan, hubungi tenaga medis setempat dan beri tahu mereka bahwa Anda memiliki gejala COVID-19. Hal ini dapat membantu para tenaga medis mengambil langkah-langkah untuk mencegah orang lain terpapar virus.

Jika tidak enak badan, batasi aktivitas di luar rumah

Jika Anda merasa tidak enak badan, hindari terlalu sering keluar dari rumah, kecuali untuk mendapatkan perawatan medis. Hindari mengunjungi tempat yang ramai maupun menggunakan transportasi umum.



COMMENTS