Kemenhumkam Rilis Aturan terkait Pemberian Visa dan Izin Tinggal bagi Warga Asal Tiongkok

Satgas Covid-19: Tingkat Kesembuhan Pasien COVID-19 di Indonesia Naik
BLK Lembang Gelar Pelatihan Refocusing Tanggap Covid-19

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhumkam) telah merilis Berita Negara Republik Indonesia terkait pemberian Visa dan Izin Tinggal dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19).

Dalam Peraturan Menteri yang dimaksud, pembatasan pemberian Visa dan Izin Tinggal tersebut akan diberlakukan bagi Orang Asing dari negara Republik Rakyat Tiongkok.

Pemberian bebas Visa kunjungan dan Visa kunjungan saat kedatangan dihentikan sementara bagi Orang Asing yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi wilayah Republik Rakyat Tiongkok dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari sebelum masuk wilayah Negara Republik Indonesia.

Selain itu, Visa kunjungan dan Visa tinggal terbatas dapat diberikan kepada setiap Orang Asing yang mengajukan permohonan Visa kepada Pejabat Dinas Luar Negeri di Perwakilan Republik Indonesia di Republik Rakyat Tiongkok berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Permohonan tersebut dapat diajukan dengan beberapa persyaratan, antara lain:

  1. Menyerahkan keterangan sehat yang menyatakan bebas virus corona dari otoritas kesehatan negara setempat (dalam bahasa Inggris).
  2. Telah berada 14 (empat belas) hari di wilayah negara Republik Rakyat Tiongkok yang bebas virus corona
  3. Bersedia masuk karantina selama 14 (empat belas) hari yang dilaksanakan oleh pemerintah Republik Indonesia
  4. Atau singgah/transit 14 (empat belas) hari di negara lain yang tidak terjangkit virus corona sebelum masuk wilayah Republik Indonesia

Adapun Izin Tinggal keadaan terpaksa dapat diberikan kepada:

  1. Warga negara Republik Rakyat Tiongkok
  2. Orang Asing pemegang izin tinggal di negara Republik Rakyat Tiongkok
  3. Suami atau istri atau anak dari warga negara Republik Rakyat Tiongkok.

Izin Tinggal keadaan terpaksa dapat diajukan oleh Penjamin melalui permohonan kepada epala Kantor Imigrasi atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal Orang Asing yang bersangkutan dengan melampirkan:
– Paspor atau dokumen perjalanan yang sah dan masih berlaku
– Visa
– Izin Tinggal yang dimiliki

COMMENTS