Jajaran Direksi Jiwasraya Dirombak Erick Thohir

Jajaran Direksi Jiwasraya Dirombak Erick Thohir
Ekonomi Menggeliat, Indonesia Bisa Pulih Cepat
Erick Thohir: Jumlah BUMN Sudah Diefisiensi Jadi 107 Perusahaan

Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merombak jajaran direksi Asuransi Jiwasraya pada Rabu, 18 Maret 2020.

Terdapat beberapa nama baru yang mengisi posisi penting di Jiwasraya.

Dilansir Kontan.co.id, Senin (23/3/2020), berdasarkan surat keputusan pejabat baru, nama-nama tersebut adalah Angger P. Yuwono ( Direktur Teknik Jiwasraya), R. Mahelan Proboantarikso (Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia Jiwasraya) dan Farid Azhar Nasution (Direktur Keuangan dan Investasi Jiwasraya).

“Anggota-anggota direksi yang diangkat sebagai diktum keputusan ini, baru dapat melaksanakan tugasnya sebagai anggota direksi setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ujar Plt. Asisten Deputi Layanan Hukum BUMN Rini Widyastuti.

Keputusan ini juga mengubah nomenklatur (tata nama jabatan direksi) menjadi Direktur Keuangan dan Investasi yang sebelumnya Direktur Keuangan dipisah dengan Direktur Investasi dan Teknologi Informasi.

Selain itu, Direktur Kepatuhan berubah menjadi Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia.

Menurut Rini, bagi anggota direksi yang baru diangkat, maka dilarang merangkap jabatan sebagai direksi BUMN dan harus mengundurkan diri atau diberhentikan dari jabatan tersebut.

Mereka juga diminta untuk mengajukan permohonan tertulis kepada OJK untuk melakukan penilaian kemampuan dan kepatuhan (fit and proper test) sebagai calon direksi Jiwasraya.

Selebihnya, mereka juga harus memberi kuasa kepada direksi Jiwasraya melalui hak substitusi untuk menyatakan keputusan ini secara otentik di hadapan notaris atau pejabat yang berwenang.

Keputusan tersebut mulai berlaku sejak tanggal yang ditetapkan dan apabila terjadi kekeliruan di saat yang mendatang, maka akan dilakukan perbaikan.

COMMENTS