11 Maret 2020: Ulang Tahun Wakil Presiden Tertua Indonesia, Ma’ruf Amin

Fatwa MUI Dapat Menjadi Rujukan Umat Islam Hadapi Pandemi Covid-19
Kemenag-Intani Jalankan Akselarasi Ketahanan Pangan Berbasis Pesantren

Rabu, 11 Maret 2020 adalah hari ulang tahun ke 77 bagi wakil presiden Indonesia, Ma’ruf Amin. Wakil presiden Indonesia ke-13 ini merupakan wakil presiden Indonesia tertua yang pernah dilantik di Indonesia. Selain itu, adalah politisi Indonesia, ulama dan dosen Islam.

Ma’ruf Amin lahir pada 11 Maret 1943, Ma’ruf Amin di Tangerang, provinsi Banten. Ia menjalankan pendidikan sekolah dasar di kecamatan Kresek. Lalu melanjutkan studinya di Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur, sebuah pondok pesantren berpengaruh yang didirikan oleh pendiri NU Hasyim Asy’ari. Kemudian, ia menerima gelar sarjana filsafat Islam dari Universitas Ibnu Khaldun di Bogor, Jawa Barat.

Tak lama setelah lulus dari perguruan tinggi, Ma’ruf melakukan misi dakwah di Jakarta. Pada saat itu, NU masih merupakan partai politik yang aktif dan Ma’ruf terpilih menjadi anggota parlemen Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat (atau Dewan Perwakilan Rakyat) dalam pemilihan nasional yang diadakan pada tahun 1971.

Pada 1989, ia diangkat sebagai katib ‘aam, posisi senior dalam syuriah NU, dewan pemerintahan tertinggi. Ia kemudian naik menjadi salah satu dari kenaikan gaji, seorang pemimpin, mengawasi kepemimpinan eksekutif Abdurrahman Wahid (Gusdur).

Setelah lengsernya Suharto di tahun 1998, Ma’ruf menjadi penasihat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan menjadi penasihat Gusdur selama periode kepresidenannya di Indonesia dari 1999-2001.

Ma’ruf kembali ke politik aktif dan mewakili PKB di DPR nasional dari 1999 hingga 2004. Selama masa jabatan kedua di DPR, Ma’ruf adalah ketua Komisi Keempat (pertanian, pangan, dan kelautan) serta anggota Komisi Kedua (urusan pemerintahan dan otonomi daerah) dan Dewan Anggaran.

Pada 2015 Ma’ruf mencalonkan diri untuk posisi menaikkan ‘aam syuriah dari NU, setara dengan ketua dewan pemerintahan tertinggi. Ia menempati peringkat kedua setelah petahana Ahmad Mustofa Bisri dari Pesantren Raudlatuth Thalibin Rembang.

Dalam perkembangan yang signifikan, Bisri mengundurkan diri sehingga Ma’ruf terpilih untuk posisi tersebut oleh Kongres ke-33 NU.

Beberapa minggu setelah naik ke posisi tertinggi NU, Ma’ruf terpilih menjadi ketua MUI, menggantikan Din Syamsuddin dari Muhammadiyah pada 27 Agustus 2015.

Pada 9 Agustus 2018, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa Ma’ruf akan menjadi pasangannya dalam pemilihan presiden Indonesia tahun 2019. Presiden Jokowi menunjuk Ma’ruf berdasarkan pengalamannya yang luas dalam urusan pemerintahan dan agama.

Setelah pencalonannya, ia mengundurkan diri sebagai Pemimpin Tertinggi dari Nahdlatul Ulama (NU), organisasi Islam terbesar di dunia.

Saat PEMILU 21 Mei 2019, Komisi Pemilihan Umum mengumumkan kemenangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, dengan perolehan 55,5 persen suara.

Ma’ruf Amin kemudian dilantik sebagai wakil presiden pada 20 Oktober 2019. Pada usia 76 tahun, 223 hari ketika dilantik, ia merupakan wakil presiden tertua yang dilantik dalam sejarah Indonesia.

COMMENTS