Untuk Pertama Kalinya Orang Asli Papua Ditunjuk Jadi Direktur Baru Freeport

Erick Thohir Ungkap Slogan Baru BUMN
Erick Thohir: Jumlah BUMN Sudah Diefisiensi Jadi 107 Perusahaan

Senin (17/2/2020), Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjuk Claus Wamafma sebagai direktur baru PT Freeport Indonesia. 

“Dia putra Papua yang sudah berkarir selama 20 tahun, dari bawah, dan diusulkan pemerintah mewakili Mind ID di Freeport Indonesia,” kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga.

Penunjukkan Claus Wamafma sebagai direktur baru perusahaan tersebut menunjukkan bahwa sumber daya manusia (SDM) Papua juga mampu mendapatkan jabatan yang strategis.

“Pemerintah memang mendorong Freeport Indonesia untuk merekrut orang Papua. Namun penunjukan direksi dilakukan secara profesional, sesuai tugas yang diembannya,” ujar Arya.

Menurut Arya, jumlah pegawai Freeport Indonesia mencapai 7.096 orang. Sebanyak 40,72 persen atau 2.890 orang di antaranya adalah orang Papua. Sementara itu, pegawai lainnya merupakan warga negara Indonesia dan warga negara asing.

Latar Belakang Claus Wamafma

Claus Wamafma merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merintis karier di perusahaan tambang emas itu di bagian pergudangan.

Jenjang pendidikan dasar hingga menengah Claus ditamatkan di Jayapura. Kemudian, pada 1998, ia meraih gelar Sarjana Teknik Industri di Institut Teknologi Bandung. Pada 2009, Claus Wamafma juga meraih gelar magister di institusi yang sama.

Sejak April 2008, Claus Wamafma memulai perjalanan kariernya di Freeport Indonesia sebagai General Superintendent-Warehouse selama tiga tahun. Selama jabatannya, ia bertanggung jawab mengembangkan pergudangan dan distribusi untuk mendukung operasional tambang.

Kariernya membaik pada 2011 setelah Claus menjabat sebagai Manager Warehouse Management yang dijalankan selama delapan tahun. Tugasnya mengelola gudang operasional dengan lebih dari 120.000 item yang memiliki nilai persediaan lebih dari US$350 juta.

Claus Wamafma terus mengalami peningkatan karier dengan menjabat sebagai Vice President of Community Development pada 2014 hingga kini diangkat menjadi direktur Freeport Indonesia.

COMMENTS