Presiden Jokowi Menolak Pemulangan WNI Eks ISIS ke Indonesia

Presiden Jokowi Menolak Pemulangan WNI Eks ISIS ke Indonesia
Hari Pahlawan, Presiden Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata
Pesawat Evakuasi WNI dari Hubei, Tiongkok Telah Tiba di Batam

Presiden Joko Widodo menolak wacana pemulangan WNI eks ISIS ke Tanah Air, salah satu alasannya karena mereka telah membakar paspor Indonesia.

“Kalau bertanya pada saya, ini belum ratas lo ya, kalau bertanya pada saya, saya akan bilang ‘tidak’. Tapi masih dirataskan. Kita ini pastikan harus semuanya lewat perhitungan kalkulasi plus minusnya semuanya dihitung secara detail dan keputusan itu pasti kita ambil di dalam ratas setelah mendengarkan dari kementerian-kementerian dalam menyampaikan. Hitung-hitungannya,” ujar Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (5/2/2020).

Jokowi menegaskan bahwa wacana pemulangan para WNI tersebut harus mempertimbangkan manfaat dan dampak yang dapat ditimbulkan secara seksama. Maka pengambilan keputusan tersebut harus melibatkan berbagai macam pihak melalui rapat.

Sebelumnya, pada Senin (3/2/2020), Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Asep Adi Saputra menyampaikan bahwa 47 dari 600 WNI eks ISIS yang rencananya akan dipulangkan ke Indonesia berstatus tahanan.

Wacana pemulangan para eks ISIS tersebut kini dalam proses kajian yang melibatkan berbagai macam instansi dan masih belum ada keputusan final terkait rencana pemulangan ratusan WNI di Timur Tengah tersebut.

COMMENTS