Jokowi Ditelpon Presiden China, Apa yang Dibicarakan?

Jokowi Ditelpon Presiden China, Apa yang Dibicarakan?
Aktivitas Pilkada Yang Berpotensi Meningkatkan Penularan Dilarang
Presiden: Jangan Tergesa, Pastikan Vaksin Covid-19 Aman dan Efektif

Senin (11/2/2020), Presiden Jokowi dikabarkan dihubungi Presiden China, Xi Jinping via telepon. Hal tersebut terjadi dalam rangka membahas masalah penyebaran virus corona yang terjadi di negeri Tirai Bambu.

Menurut Xinhua, Xi Jinping menyatakan bahwa China mampu menangani virus corona tanpa memberikan dampak sosial maupun ekonomi. Presiden China juga memberikan apresiasi dan penghargaan atas kepercayaan serta pengertian dari Indonesia untuk China.

“Sejak epidemi meletus, negara-negara tetangga China, termasuk Indonesia, telah memberikan dukungan yang berharga bagi China dalam berbagai cara,” ujar Presiden Xi.

Indonesia telah menjalin persahabatan dengan China sebagai mitra strategis yang komprehensif. Hal ini sudah dibuktikan dengan Indonesia yang turut membantu China di saat negara tersebut membutuhkan.

“China siap untuk terus melanjutkan persahabatan tradisional (dan) bertetangga dengan baik dengan Indonesia … dan mengimplementasikan proyek-proyek utama pada pembangunan bersama Belt and Road, seperti Jakarta-Bandung High- Speed Railway, untuk membawa lebih banyak manfaat bagi kedua pihak,” kata Presiden Xi yang juga diamini Presiden Jokowi. 

“Jadi tadi malam setengah 8 saya bicara melalui telepon dengan Presiden RRT Xi Jinping. Yang pertama saya sampaikan duka cita. Simpati terhadap para korban virus korona yang ada Tiongkok,” ujar Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (12/2/2020).

Jokowi juga mengatakan bahwa Indonesia akan senantiasa berhubungan baik dengan China di saat berjaya maupun di saat sulit. 

“Saya juga sampaikan bahwa Indonesia yakin RRT bisa menyelesaikan masalah virus corona dalam waktu secepat-cepatanya. Itu kira-kira yang saya sampaikan ke Presiden Xi Jinping. Dan saya menawarkan apabila diperlukan bantuan-bantuan untuk mempercepat penanganan, saya sampaikan Indonesia siap untuk berikan bantuan,” papar Presiden RI.

COMMENTS