JCR: Peringkat Utang RI Jadi BBB+/A-! Pertumbuhan Ekonomi Kuat dan Tahan Guncangan Eksternal

JCR: Peringkat Utang RI Jadi BBB+/A-! Pertumbuhan Ekonomi Kuat dan Tahan Guncangan Eksternal
Dana Investor Dunia Pindah dari India ke Indonesia, Rupiah Berjaya
Indonesia Naik Peringkat menjadi Upper Middle Income Country

Japan Credit Rating Agency, Ltd. atau biasa disingkat JCR, menaikkan peringkat utang Indonesia menjadi BBB+/A- (FC/LC) per tanggal 28 Januari 2020.

Dalam rilis yang diterima tim Jokowinomics, JCR menyatakan bahwa kenaikan peringkat tersebut mencerminkan antara lain pertumbuhan ekonomi yang kuat dalam negeri yang dipimpin konsumsi domestik, pengendalian defisit anggaran dan utang publik, serta ketahanan terhadap guncangan eksternal yang didukung oleh nilai tukar yang fleksibel juga kebijakan moneter yang kredibel dan akumulasi cadangan devisa.

Sejak tinjauan peringkat sebelumnya, JCR telah memberikan perhatian khusus pada inisiatif reformasi berkelanjutan yang didorong oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan serta kemajuan kebijakan ekonomi yang diambil oleh pemerintahan keduanya sejak Oktober 2019.

Menurut penilaian JCR, di antara agenda pemerintahan, pembangunan infrastruktur terus mengalami kemajuan lebih cepat dari yang diperkirakan. Di sisi fiskal, pemerintah terus melaksanakan reformasi pengeluaran fiskal dan membatasi defisit anggaran dengan kepatuhan pada pembatasan bahan bakar subsidi. Basis ekonomi dan fiskal Indonesia telah diperkuat di bawah pemerintahannya.

Selain itu, tim JCR memandang periode pemerintahan Joko Widodo yang kedua ini telah meningkatkan upaya untuk mengatasi tantangan jangka panjang termasuk penyederhanaan peraturan melalui rencananya untuk mengeluarkan “Undang-Undang Omnibus” untuk memfasilitasi investasi asing langsung, di samping pengembangan infrastruktur dan modal manusia.

Sisi politik pun tak lepas dari penilaian JCR. Menurut rilis, basis politik pemerintahannya telah diperkuat karena partai oposisi terbesar telah bergabung dengan koalisi yang berkuasa, sehingga memperkuat momentum kebijakan ekonominya.

Berdasarkan hal di atas, JCR telah meningkatkan peringkat Indonesia satu tingkat dan mengubah prospek menjadi ‘stabil’. JCR juga telah meningkatkan plafon negaranya untuk Indonesia dengan satu tingkat menjadi “A-“.

Perlu diketahui, berdasarkan data dari situs JCR, pada 2018 peringkat utang kita adalah BBB/BBB+ (FC/LC). Delapan tahun sebelumnya, peringkat utang RI adalah BBB-/BBB (FC/LC), dan pertama kali peringkat utang kita dinilai oleh JCR yakni pada 2009 dengan nilai BB+/BBB- (FC/LC).

COMMENTS