Saat Harga BBM SPBU Asing Naik, Pertamina Turunkan Harga

Saat Harga BBM SPBU Asing Naik, Pertamina Turunkan Harga
PTBA Harap Proyek Gasifikasi Diteken November 2020
Pertamina Kini Tak Lagi Impor Solar dan Akan Produksi Biodiesel

Terhitung sejak 1 Februari 2020, PT Pertamina telah menurunkan harga dua jenis BBM non subsidinya. Sebaliknya, pada beberapa waktu yang lalu, SPBU asal luar negeri, yaitu Shell dan Total telah menaikan harga BBM mereka.

Pertamina menurunkan harga BBM jenis Pertamax dan Pertamax Turbo melalui Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019. Penurunan harga ini dapat berbeda di berbagai daerah berdasarkan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di tiap daerah.

Rinciannya, untuk Pertamax di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, harga berkurang Rp 200 menjadi Rp 9.000 per liter. Sedangkan untuk Pertamax Turbo mengalami pengurangan dari sebelumnya Rp 9.900 menjadi Rp 9.850 per liter.  Kemudian solar non subsidi turun dari sebelumnya Rp 9.400 menjadi Rp 9.300 per liter.

Selain kedua jenis BBM tersebut, Pertamina juga telah menurunkan harga BBM umum jenis Pertamax series dan Dex series pada 5 Januari 2020. Adapun bahan bakar yang tidak mengalami penurunan harga adalah Pertalite.

Penyesuaian harga ini telah dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri ESDM ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum dan/atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

COMMENTS