Fakta Seputar WNI yang Terjebak di Luar Negeri Terkait Virus Corona

Fakta Seputar WNI yang Terjebak di Luar Negeri Terkait Virus Corona
Pemerintah Minta Masyarakat untuk Jaga Jarak, Cuci Tangan, dan Pakai Masker
Mendagri Rilis Surat Edaran soal Pembentukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Daerah, Ini Rinciannya

Saat ini dunia sedang gencar mencegah wabah virus corona seiring dengan meningkatnya jumlah orang yang terjangkit virus corona asal Kota Wuhan, China. Tidak terpungkiri, Indonesia menjadi salah satu negara yang sedang mengantisipasi penyebaran virus tersebut ke Tanah Air. Akan tetapi, bagaimana nasib para WNI yang terjebak di luar negeri? Simak fakta beberapa kasusnya di bawah ini.

Pemerintah Indonesia telah mengonfirmasi bahwa 287 warga negara Indonesia (WNI) yang menaiki kapal pesiar Diamond Princess dan Dream World hingga kini dinyatakan sehat. Kedua kapal pesiar tersebut saat ini sedang dalam karantina otoritas setempat dikarenakan terdapat sejumlah penumpang yang terjangkit virus corona.

78 WNI Kru Kapal Diamond Princess Cruise, Jepang
Dari 3.711 penumpang Diamond Princess Cruise, terdapat 130 penumpang yang positif terjangkit virus corona. Seluruh penumpang menjalani proses karantina di Perairan Yokohama, Jepang selama 14 hari sejak 5 Februari 2020.

Hingga saat ini, KBRI terus menjalin komunikasi intens dengan kru kapal serta pemerintah Jepang. Pada 10 Februari 2020, kondisi para WNI dikabarkan baik dan tidak ada yang terjangkit virus corona.

Pihak kapal juga memudahkan para awak dan penumpang untuk menghubungi keluarga dengan menyediakan kebutuhan logistik, layanan telepon dan internet gratis.

209 WNI ABK Kapal Pesiar “Dream World”
Terdeteksi 3 penumpang yang terinfeksi virus corona dari 3.600 penumpang dan awak kapal. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) proaktif berkomunikasi dengan para WNI di kapal tersebut.

Setelah empat hari proses karantina terhitung sejak 6 Februari 2020 di Hong Kong, ribuan penumpang Dream World Cruise diizinkan untuk turun dari kapal. 209 WNI penumpang Dream World Cruise telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan negatif virus corona.

KJRI di Hongkong telah memberikan bantuan sebanyak 30 ribu masker untuk mencegah penyebaran virus.

COMMENTS