Dominasi Penggunaan Media Digital: Simak Fakta dan Trend Terkini

Dominasi Penggunaan Media Digital: Simak Fakta dan Trend Terkini
Presiden: Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Percepatan Transformasi Digital
Digitalisasi Marketing Peluang UMKM Selamat Dari Pandemi

Di masa modern ini, kehidupan manusia sudah banyak dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Salah satu bentuknya adalah media sosial yang telah melekat pada banyak masyarakat urban.

Seiring dengan pesatnya perkembangan media sosial, tren penggunaan aplikasi juga senantiasa berubah setiap waktunya. Di tahun 2020 ini, TikTok diprediksi menjadi aplikasi yang trending di mana para penggunanya dapat membuat video musik.

Tren tersebut juga dikarenakan karakteristik para pengguna yang lebih menyukai konten video dibandingkan konten foto.

Kini, lebih dari 4,5 miliar orang menggunakan internet, dan pengguna media sosial telah melampaui angka 3,8 miliar. Hampir 60 persen dari populasi dunia dapat mengakses internet, dan tren terbaru menunjukkan bahwa lebih dari setengah dari total populasi dunia akan menggunakan media sosial pada pertengahan tahun ini.

Berdasarkan Digital 2020 Global Overview Report oleh Hootsuite dan WeAreSocial, terdapat temuan menarik seputar penggunaan internet:

Semakin banyak orang meluangkan waktu di dunia online

  • Jumlah orang yang menggunakan internet di seluruh dunia telah tumbuh menjadi 4,54 miliar, meningkat 7 persen (298 juta pengguna baru) dibandingkan dengan Januari 2019.
  • Terdapat 3,80 miliar pengguna media sosial pada Januari 2020, dengan peningkatan lebih dari 9 persen (321 juta pengguna baru) sejak tahun lalu.
  • Secara global, lebih dari 5,19 miliar orang kini menggunakan ponsel, dengan jumlah pengguna naik 124 juta (2,4 persen) selama setahun terakhir.

Kemungkinan Anda meluangkan 100 hari per tahun untuk internet
Pengguna internet saat ini rata-rata menghabiskan 6 jam dan 43 menit online setiap harinya. Jika kita meluangkan sekitar 8 jam sehari untuk tidur, maka lebih dari 40 persen waktu Anda dihabiskan untuk menggunakan internet.

Sebagian besar waktu diluangkan untuk aplikasi chatting
GlobalWebIndex melaporkan bahwa seseorang dapat menghabiskan rata-rata 2 jam dan 24 menit per hari untuk mengakses aplikasi chatting dan media sosial melalui penggunaan ponsel pribadi maupun komputer.

Media sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook!
Meskipun Facebook menghadapi banyak tantangan selama beberapa tahun terakhir, Facebook masih menjadi platform media sosial yang teratas.

Berikut peringkat platform media sosial yang paling banyak diakses:
1. Facebook
2. Youtube
3. Whatsapp
4. Facebook Messenger
5. WeChat
6. Instagram
7. TikTok

Platform online Asia saat ini mendominasi
Selain aplikasi media sosial, secara khusus, peringkat terbaru dari situs web top dunia menunjukkan kebangkitan beberapa platform e-commerce Asia.

Dalam daftar terbarunya, Alexa [catatan: bukan asisten suara] menempatkan Tmall China di tempat ketiga di peringkat situs web global – mengalahkan Facebook dan Baidu, dan kompetitor top dari Barat, Amazon. Selebihnya, 5 situs e-commerce Cina masuk ke dalam 20 peringkat teratas, antara lain: Baidu.com, QQ.com, Sohu.com, Taobao.com, 360CN

Kini aktivitas belanja sudah beralih ke online lewat e-commerce
Sekitar tiga perempat pengguna internet global berusia 16 hingga 64 tahun membeli sesuatu secara online setiap bulan. GlobalWebIndex menunjukkan bahwa tingkat aktivitas e-commerce paling tinggi dilakukan oleh para pengguna internet di Indonesia, Thailand, dan Polandia.

Pembelian Perabot & Peralatan Rumah Tangga menunjukkan pertumbuhan tercepat dari tahun ke tahun dengan pendapatan sebesar US $ 316,7 miliar yang melonjak 19 persen dibandingkan tahun 2018.

Kategori Busana & Kecantikan dan Elektronik & Media Fisik juga mengalami peningkatan yang pesat, dengan pendapatan di kedua kategori yang meningkat sebesar 18 persen antara 2018 dan 2019.

Bagaimana di Indonesia? (Data diperoleh dari survey Hootsuite dengan responden berusia 14 – 64 tahun dari 40 lebih negara di seluruh dunia)

  • Indonesia menduduki peringkat pertama dalam aktivitas belanja online yang paling sering dilakukan dalam satu bulan, kebanyakan transaksi ini dilakukan lewat aplikasi smartphone
  • Indonesia juga menjadi negara nomor satu dengan pengguna ad blocker terbanyak per bulan
  • Indonesia ada di peringkat kedua dalam menggunakan pencarian suara dan perintah suara pada perangkat apa pun setiap bulannya
  • Mendapat peringkat kelima untuk penggunaan media sosial terlama per hari, rata-rata orang Indonesia meluangkan 3 jam 26 menit
  • Peringkat keenam untuk Indonesia dalam banyaknya waktu yang dihabiskan untuk bermain games, rata-rata 1 jam 21 menit per harinya
  • Jatuh di urutan ke delapan dalam waktu terbanyak yang diluangkan online, rata-rata orang Indonesia meluangkan 7 jam 59 menit per hari untuk mengakses internet

COMMENTS