Dari Meme Jadi Kenyataan! Kini SPP Bisa Dibayar Dengan GoPay

Dari Meme Jadi Kenyataan! Kini SPP Bisa Dibayar Dengan GoPay
Citilink Tawarkan Rapid Test Gratis, Ini Ketentuannya
Presiden Jokowi Berpidato pada Sidang Majelis Umum ke-75 PBB

Pada saat Presiden Joko Widodo menjadikan CEO Gojek Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, para netizen Indonesia sempat memunculkan gurauan maupun meme mengenai penggunaan aplikasi Gojek untuk membayar biaya pendidikan.

Tanpa memakan waktu lama, meme pembayaran SPP sekolah memakai GoPay yang muncul di media sosial akan menjadi kenyataan. Aplikasi Gojek tidak hanya bisa digunakan untuk transportasi ke sekolah atau kampus saja melainkan juga dapat digunakan untuk membayar sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) atau kegiatan terkait pendidikan lain.

Para orang tua dan wali murid kini dapat membayar SPP dan biaya pendidikan lain, seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler, dengan GoPay. Pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi Gojek di fitur GoBills.

Dilansir dari pernyataan resmi Gojek, Senin (17/2/2020), saat ini terdapat sekitar 180 lembaga pendidikan yang telah terdaftar sebagai mitra kerja GoBills, meliputi pesantren, madrasah, sekolah, dan tempat kursus.

“Layanan terbaru ini membebaskan orang tua dan wali murid untuk membayar pendidikan anak di mana saja dan kapan saja tanpa harus hadir ke sekolah. Orang tua yang sibuk dapat fokus dengan kepentingan lain seperti pekerjaan tanpa khawatir akan melewatkan tenggat pembayaran.” kata Senior Vice President Sales GoPay Arno Tse.

Tidak hanya membantu orangtua, fitur layanan baru ini juga diharapkan mampu memudahkan lembaga pendidikan terkait pelaporan dan keamanan transaksi keuangan.

Arno berharap ke depannya Gojek dapat menerapkan pembayaran digital dengan lebih banyak lembaga pendidikan di seluruh Indonesia.

Fitur GoBills School

Penggunaan fitur baru ini dapat ditemukan dalam aplikasi Gojek melalui fasilitas Payments. Pilih fitur “GoBills”, lalu terdapat pilihan “Schools” (sekolah) dengan penanda “New” di sudut kiri atas sebagai petunjuk fitur layanan baru.

Saat memilih fitur tersebut, pengguna dihadapkan pada pilihan beberapa lembaga pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren, Universitas, Akademi hingga Yayasan Pendidikan sesuai dengan tujuan pembayaran yang diinginkan.

Kemudian, untuk melakukan pembayaran, pengguna cukup memasukan nomor induk siswa atau Students ID.

COMMENTS