Pemerintah Antisipasi Wabah Virus Korona

Pemerintah Antisipasi Wabah Virus Korona
Pemerintah Tambahkan 32 Rumah Sakit Rujukan untuk Pasien Virus Corona
Presiden Rilis Keppres Soal COVID-19 Sebagai Penyakit yang Menimbulkan Darurat Kesehatan Masyarakat

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan Menteri Kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus korona sekaligus meningkatkan kesiagaan. Hal itu menanggapi kasus penyebaran virus tersebut yang telah dikonfirmasi di sejumlah negara Asia Tenggara.

“Yang paling penting, kita waspada, hati-hati. Saya sudah perintahkan ke Menteri Kesehatan untuk diawasi secara detail,” ujarnya di Istana Negara, pada Jumat, 24 Januari 2020.

Sebagai langkah preventif, pemerintah telah memperketat pengawasan di bandara untuk mendeteksi dan memantau suhu tubuh penumpang dalam rangka pemeriksaan awal.

“Kita juga sudah siap mengecek dengan scanner setiap kedatangan dari luar, siapapun, yang kita perkirakan kemungkinan besar terjangkit (virus) ini,” kata Presiden.

Kepala Negara melanjutkan, berdasar informasi yang diterimanya, hingga kini belum terdapat indikasi menyebarnya virus tersebut di Indonesia. Meski demikian, pihaknya akan terus memantau perkembangan dari wabah tersebut.

“Tapi sampai sekarang, informasi yang saya terima dan moga-moga seterusnya, tidak ada yang terjangkit (virus) korona,” tandasnya.

Hingga saat ini, wabah Novel Coronavirus dideteksi telah menyebar di Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, dan Thailand.

Coronavirus adalah jenis keluarga virus yang dapat menyebabkan penyakit ke mamalia, ayam, kelelawar, dan manusia.

Pada 9 Januari 2020, World Health Organization (WHO) mengumumkan jenis baru (novel) coronavirus yang mewabah di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok.

Gejala pasien yang terkena coronavirus antara lain demam, batuk, flu, lemas, dan sesak nafas, terutama yang memiliki riwayat berkunjung ke negara yang telah terjangkit 14 hari sebelumnya.

Pencegahan yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan tangan secara rutin, mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik atau bisa dengan alkohol 70-80% handrub, serta menutup mulut dan hidung ketika bersin.

COMMENTS