Investasi Uni Emirat Arab ke Indonesia

Investasi Uni Emirat Arab ke Indonesia
Maksud Jokowi Mengajak Arab Sampai Tony Blair Bangun Ibu Kota
Hungaria Tertarik Investasi 1 Miliar Dollar AS di Ibu Kota Baru Indonesia

Uni Emirat Arab (UEA) akan mengguyur Indonesia dengan investasi sebesar US$20 miliar atau setara Rp280 triliun (mengacu kurs Rp14 ribu per dolar AS)

Kerja sama yang telah disepakati salah satunya dijalin antara PT Pertamina (Persero) dengan Abu Dhabi National Oil Company (Adnoc).

Kerja sama dijalin untuk pengembangan kilang di Balongan. Selain itu, kerja sama juga dilakukan antara Masdar dan PT PLN (Persero). Kerja sama dilakukan untuk pembangunan panel tenaga surya terapung sebesar 145 GW.

Lebih lanjut, kerja sama antara Pertamina dan Mubadala untuk pengembangan kilang di Balikpapan dan Emirates Global Aluminium (EGA) dan PT Inalum (Persero) untuk pengembangan smelter dan hydropower berbasis 500 ribu ton per tahun dan smelter aluminium di Kalimantan Utara.

Selain itu, ada juga kerja sama dalam bentuk kontrak jangka panjang antara PT Chandra Asri Petrochemical dengan Adnoc.

Investasi ke Ibu Kota Baru

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Indonesia Husin Bagis Emirat Arab Husin Bagis mengatakan Indonesia juga akan membentuk dana abadi (Sovereign Wealth Fund/SWF) dengan Uni Emirat Arab melalui Abu Dhabi Investment Authority (ADIA).

Ia bilang salah satu penggunaan dana abadi tersebut untuk pembangunan ibu kota baru. Pembentukan SWF itu akan terpisah dengan investasi G to G dengan Uni Emirat Arab senilai Rp280 triliun tersebut.

“Rencana akan diarahkan mungkin akan membentuk SWF bersama, nah dari sana bisa saja untuk Kalimantan,” tuturnya.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200106213952-92-462942/luhut-sebut-uni-emirat-arab-akan-guyur-ri-investasi-rp280-t

COMMENTS